Salin Artikel

Cerita Wagub Sumut Mengunjungi Danau di Atas Danau Toba

Dua obyek wisata yang didatangi adalah Aek Natonang di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo dan Aek Sidihoni di Kecamatan Pangururan.

Aek Natonang adalah danau di atas Pulau Samosir, sehingga dijuluki danau di atas danau.

Dari Tuktuksiadong, waktu tempuhnya sekitar 40 menit melalui jalan lingkar Samosir.

Sesuai namanya, danau seluas 42 hektar yang terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut ini memiliki air yang tenang.

Keindahannya semakin lengkap dengan pemandangan hutan pinus yang mengelilingi.

Begitu juga dengan Danau Sidihoni yang juga dijuluki danau di atas danau.

Musa mengagumi keindahan dan keasrian kedua danau.

Menurut dia, dua danau ini berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan, apabila dikelola secara maksimal.

"Di Aek Natonang ini sangat indah, siang terik begini cuacanya masih dingin. Kita dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berterima kasih kepada Pak Presiden Jokowi atas perhatian besarnya terhadap kawasan wisata super prioritas Danau Toba," kata Musa dalam pernyataan tertulis, Senin (15/3/2021).

Hal tersebut sangat membantu bangkitnya kembali perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Bantu wisata daerah dengan hadirnya kita. Cukup dengan kuliner, menginap dan membeli produk UMKM setempat, membantu perputaran roda ekonomi,” ujar dia.

Musa juga mengajak seluruh masyarakat dan berbagai pihak terkait untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan kelestarian alam di sekitar Danau Toba, termasuk di kawasan Aek Natonang dan Danau Sidihoni.

“Paling penting, semua pengunjung tetap menjaga kebersihan alam kita. Aek Natonang dan Danau Sidihoni ini sangat indah dan bersih, janganlah kehadiran kita mengotorinya," kata Musa.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan menyampaikan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aek Natonang, Pemerintah Kabupaten Samosir sudah membangun berbagai infrastruktur seperti toilet, dermaga, jalan dan gazebo.

"Saat ini, wisatawan lebih banyak yang ke Danau Sidihoni. Sudah banyak yang family camp di sana. Kita akan terus berinovasi mengembangkan obyek-obyek wisata di kawasan Pulau Samosir," kata Dumosch.

https://medan.kompas.com/read/2021/03/15/102648678/cerita-wagub-sumut-mengunjungi-danau-di-atas-danau-toba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke