Salin Artikel

Kahiyang Ayu Minta PKK Kota Medan Dukung Program Sakasanwira, Sebagai Mitra Pemerintah

Selain memperkenalkan dan memajukan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di setiap kelurahan, juga meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Kahiyang mengatakan hal ini saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Medanselayang dalam rangka pembinaan kelembagaan dan sepuluh program pokok PKK serta UMKM.

Dia bilang, gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga merupakan gerakan nasional dalam membangun masyarakat yang tumbuh dari bawah.

Pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa, sehat, sejahtera, maju, mandiri, setara, adil gender, sadar hukum dan lingkungan.

"Kita ini mitra pemerintah, untuk itu saya minta seluruh anggota dan kader TP PKK Kota Medan mendukung dan mewujudkan program Sakasanwira," katanya di kantor Kecamatan Medanselayang, Selasa (23/3/2021).

Hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkan program ini, menurut Kahiyang, dengan turun langsung ke masyarakat guna mengetahui pelaku UMKM dan melakukan pembinaan terhadap produknya.

Kehadirannya juga untuk menumbuhkan motivasi dan penguatan kelembagaan serta kemandirian kader dalam pemberdayaan masyarakat.

"Saya harapkan TP PKK di kecamatan dapat melaksanakan sepuluh program pokok PKK, supaya kalau ada perlombaan kita dapat mengikutinya dan berprestasi. Saya juga meminta camat dan lurah membantu melaksanakan program ini," ucapnya.

Ketua TP PKK Kecamatan Medanselayang Irina mengatakan, berbagai kegiatan telah mereka lakukan seperti gotong royong, pengajian dan berkerja sama dengan USU. Untuk UMKM, mereka membina produk makanan seperti olahan belut dan daun kelor.

Ada juga ada pelatihan sablon, pembuatan kue tradisional dan pembuatan jeruk lemon.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dalam rapat koordinasi bersama camat di Balai Kota Medan mengajak bergerak cepat merealisasikan visi dan misi yang telah ada.

Salah satunya pendataan UMKM untuk wujudkan Medan Sakasanwira untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Semuanya harus memiliki target kerja sehingga kita memiliki kualitas diri. Paham program mana saja yang belum terealisasi. Kembali lagi, kolaborasi harus dibangun. Jika ada di antara pimpinan OPD dan camat yang tidak mau bekerja sama, laporkan ke kami agar kami tindak,” kata Bobby.

https://medan.kompas.com/read/2021/03/23/142640378/kahiyang-ayu-minta-pkk-kota-medan-dukung-program-sakasanwira-sebagai-mitra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke