Salin Artikel

Mual dan Muntah, 30 Siswa dan 5 Warga Diduga Keracunan Jajanan Bakso Bakar, BPOM Turun Tangan

KOMPAS.com - Sebanyak 35 siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 29 Gunung Siriak, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), diduga keracunan jajanan bakso bakar, Selasa (11/1/2022).

Selain itu, ada lima warga sekitar sekolah yang menjadi korban. Salah satunya adalah seorang ibu hamil.

"Totalnya ada 35 orang. Tiga puluh orang dari siswa dan lima orang warga. Satu di antaranya ibu hamil," kata Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Rasidin Padang, Sri Kurnia Yati kepada Kompas.com, Selasa (11/1/2022).

Mual dan muntah

Menurut pihak sekolah, peristiwa itu berawal saat sejumlah siswa membeli jajanan di penjual yang ada di luar pagar sekolah. Lalu, salah satu siswa mengeluhkan mual dan muntah.

Tak berselang lama, sejumlah siswa yang lain juga mengalami gejala yang sama.

"Ketahuannya setelah satu orang siswa merasa pusing dan mual. Awalnya dikira hanya pusing biasa, tapi ternyata ada beberapa siswa lain. Ada 30 orang," kata Wakil Kepala SDN 29 Sungai Sariak, Afrizal kepada Kompas.com, Selasa (11/1/2022) di RSUD Rasidin.

Menurut Afrizal, dari keterangan para korban, mereka merasakan mual dan muntah setelah dua jam menyantap bakso bakar itu.

"Mereka mengaku membeli bakso bakar sekitar pukul 07.00 WIB dan dua jam kemudian baru merasakan sakit," jelas Afrizal.

Afrizal juga membenarkan informasi bahwa ada siswa yang dirujuk ke RSUD Rasidin. Lalu beberapa siswa sudah sembuh dan diperbolehkan pulang.

"Sudah ada yang sehat dan pulang, dibawa orangtuanya masing-masing," kata Afrizal.

BPOM turun tangan

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus tersebut menjadi sorotan pemerintah daerah setempat. Pihak sekolah juga telah berkoordinasi dengan Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM).

BPOM sudah mengambil sampel muntahan anak untuk diperiksa di laboratorium.

(Penulis: Kontributor Padang, Perdana Putra | Editor : I Kadek Wira Aditya)

https://medan.kompas.com/read/2022/01/12/071645278/mual-dan-muntah-30-siswa-dan-5-warga-diduga-keracunan-jajanan-bakso-bakar-bpom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke