Salin Artikel

7 Tempat Wisata di Medan, dari Masjid, Istana, hingga Pecinan

Di kota yang menjadi pusat pemerintahan sekaligus ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu terdapat sejumlah destinasi wisata, baik wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, dan sebagainya.

Berikut 7 tempat wisata di Medan yang bisa menjadi alternatif untuk berwisata:

1. Masjid Raya Al-Mashun

Masjid Raya Al-Mashun terletak di Jalan Sisingamangaraja Nomor 61, Kelurahan Masjid, Kecamatan Medan Kota.

Masjid Al-Mashun menjadi salah satu destinasi wisata sejarah karena merupakan masjid tua yang berusia lebih dari 100 tahun.

Masjid Raya Al-Mashun dibangun pada tahun 1906 hingga 1909. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi saksi kejayaan Kesultanan Deli di masa lalu.

Gaya arsitektur Masjid Al-Mashun menggabungkan sejumlah corak mulai dari Timur Tengah, India, hingga Spanyol.

Masjid Raya Al-Mashun ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara, dan barat.

2. Istana Maimun

Istana megah yang satu ini juga tergolong sebagai tempat wisata sejarah. Istana ini dibangun pada 18 Mei 1891 Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Bangunan Istana Maimun didesain oleh seorang arsitek berkebangsaan Italia bernama Ferari. Istana ini memiliki tiga lantai dengan 30 bilik ruangan.

Konsep arsitektur Istana Maimun menggabungkan kebudayaan dari berbagai latar belakang, seperti kebudayaan Melayu, Spanyol, India, China, Italia, dan Islam.

3. Rumah Adat Karo Garista

Rumah Adat Karo Garista berlokasi di Jalan Bunga Herba 5 Ujung, Nomor 89, Sempakata, Kota Medan.

Rumah adat ini dibawa langsung dari daerah Karo. Rumah ini didesain dengan konsep yang sama seperti aslinya, yaitu bangunan tanpa paku yang dibangun tahun 1893.

Saat mengunjungi rumah adat ini, pengunjung bisa sekaligus mempelajari tentang Siwaluh Jabu dan masyarakat suku Karo.

4. Kesawan Square

Kesawan Square merupakan kawasan Chinatown atau pecinan yang ada di Kota Medan. Lokasi tepatnya berada di Jalan Jend. A. Yani Medan, Kecamatan Medan Barat.

Kawasan Kesawan Square sudah dikenal sebagai pecinan sejak masa pemerintahan Hindia Belanda, dan termasuk pecinan terbesar di wilayah Kesultanan Melayu Deli.

Kawasan Kesawan Square termasuk kawasan tua di Kota Medan. Pembangunannya dulu diprakarsai dua orang Taipan Tionghoa bernama Tjong Yong Hian, dan Tjong A Fie.

5. Gedung London Sumatera

Gedung ini merupakan tempat bersejarah. Konon, ini merupakan bangunan pertama yang dilengkapi lift yang ada di Kota Medan.

Dinamakan Gedung London lantaran gaya arsitekturnya sangat mirip dengan rumah-rumah di London pada abad ke-18. Cirinya berupa jendela berukuran besar, dan terdapat tangga di pintu masuk.

Gedung London Sumatera ini dibangun pada tahun 1906 oleh seorang pemilik perkebunan karet Harrison & Crossfield Company yang bernama David Harrison.

6. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni berada di Jalan Sakura III Nomor 7-10, Perumahan Taman Sakura Indah, Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan.

Bangunan ini dibangun pada tahun 2005. Pembangunan didedikasikan kepada Bunda Maria yang di India dikenal sebagai Annai Velangkanni Arokia Martha atau Bunda Penyembuh.

Graha Maria Annai Velangkanni dibangun dengan struktur bangunan yang megah dan tinggi, dan arsitekturnya bernuansa Indo-Mughal.

7. Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion merupakan bangunan yang berada di Kesawan Square, di Jalan Jend. A. Yani, Medan Barat.

Rumah ini dulunya milik seorang pengusaha sukses berkebangsaan Tionghoa, yaitu Tjong A Fie. Saat ini bangunan tersebut berfungsi sebagai museum.

Tjong A Fie Mansion berbentuk bangunan rumah besar dua lantai. Bangunannya selesai dikerjakan pada tahun 1900.

Tjong A Fie Mansion memiliki gaya arsitektur perpaduan dari Tionghoa, Melayu, Eropa dan art-deco. Bangunan ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Kota Medan.

Pengunjung Tjong A Fie Mansion bisa menikmati sejarah kehidupan sang pemilik rumah melalui foto, lukisan, hingga perabotan rumah tangga yang bergaya Melayu-Tionghoa.

Sumber: 
Kompas.com; Velangkanni.com

https://medan.kompas.com/read/2022/01/16/130000478/7-tempat-wisata-di-medan-dari-masjid-istana-hingga-pecinan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke