Salin Artikel

7 Tokoh Asal Medan, dari Chairil Anwar, Burhanuddin Harahap, hingga Joko Anwar

Sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara, Medan memiliki sejarah panjang dan melahirkan banyak tokoh-tokoh besar dalam perjalanannya.

Tokoh penting asal Medan ada yang bergerak di bidang militer, politik, sastra, budaya, bahkan hingga pebisnis sukses di Tanah Air.

Berikut ini 10 tokoh penting asal Medan yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Chairil Anwar

Chairil Anwar tercatat sebagai salah sau penyair terkemuka Indonesia asal Kota Medan.

Penyair berjuluk Si Binatang Jalang ini lahir di Medan pada tanggal 26 Juli 1922. Pada tahun 1940 Chairil Anwar pindah ke Batavia dan mulai menggeluti dunia sastra.

Chairil Anwar bersama dengan Asrul Sani dan Rivai Apin dinobatkan sebagai pelopor Angkatan ’45 seklaigus pelopor puisi modern Indonesia.

Burhanuddin Harahap lahir di Gunung Tua, Medan, Sumatera Utara pada tanggal 27 Desember 1917.

Dia tercatat sebagai keturunan Sultan Aru Barumun, yaitu Aminuddin Harahap yang bergelar Baginda Pamenang.

Pada masa pemerintahannya sebagai Perdana Menteri, dia berhasil menggelar Pemilu Pertama Indonesia pada tahun 1955.

3. Tjong A Fie

Tjong A Fie merupakan tokoh penting asal Medan. Dia adalah seorang pebisnis sekaligus kapitan dari Tiongkok.

Tjong A Fie hidup pada dari tahun 1860-1921. Dia berhasil membangun bisnis besar di Medan, Sumatera Utara, yang memiliki 10.000 karyawan.

Pada tahun 1911, Tjong A Fie yang dekat dengan penguasa Medan saat itu diangkat menjadi Kapitan Tionghoa, untuk memimpin masyarakat Tionghoa di Medan.

Sampai saat ini, kediaman Tjong A Fie yaitu Tjong A Fie Mansion masih ramai dikunjungi, serta menjadi salah satu tempat wisata di Medan.

Sultan Ma’mun Al Rasyid lahirpada tahun 1853 di Istana Kota Batu, Labuhan Deli.

Pada masa pemerintahan Sultan Ma’mun Al Rasyid inilah pusat pemerintahan Kesultanan Deli dipindah ke Medan.

Sultan Ma’mun Al Rasyid juga membangun istana megah pada tahun 1888, yang sekarang dikenal dengan nama Istana Maimun.

5. Djaga Sembiring Depari

Tokoh penting asal Medan berikutnya adalah Djaga Sembiring Depari.

Djaga Sembiring Depari merupakan komponis Indonesia yang lahir pada 5 Mei 1922, dari keluarga Sembiring Depari asal Karo.

Djaga Sembiring Depari juga tercatat sebagai pencipta lagu-lagu berbasis lagu Karo yang bertujuan untuk meningkatkan moralitas masyarakat Karo untuk berjuang melawan penjajah.

Joko Anwar lahir di Medan, Sumatera Utara, pada tanggal 3 Januari 1976. Dia tertarik dengan pertunjukan film dan drama sejak masih belia.

Proyek film pertama yang digarapnya berjudul Arisan! yang tayang pada tahun 2003.

Sejak saat itu, karirnya sebagai sutradara film terus menanjak, dengan rilisnya beberapa judul film seperti Pengabdi Setan, Gundala, Perempuan Tanah Jahanam, dan masih banyak lagi lainnya.

7. Amir Sjarifuddin

Amir Sjarifuddin tercatat sebagai salah satu tokoh di era awal kemerdekaan, namun kemudian dieksekusi karena terlibat pemberontakan komunis di Madiun.

Amir Sjarifuddin lahir di Medan pada tanggal 27 April 1907. Dia sempat menjabat sebagai Menteri Penerangan Pertama Indonesia pada tahu 1945-1946.

Saat Revolusi Nasional Indonesia, Amir Sjarifuddin menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia ke-2, yaitu peridoe 1947-1948.

Amir Sjarifuddin dieksekusi mati setelah Peristiwa Madiun 1948. Dia yang saat itu berada di Yogyakarta ditangkap dan dieksekusi tanggal 19 Desember 1948.

https://medan.kompas.com/read/2022/02/08/113500178/7-tokoh-asal-medan-dari-chairil-anwar-burhanuddin-harahap-hingga-joko-anwar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke