Salin Artikel

Minyak Goreng Langka di Sumut, Gubernur Edy: Kuat Dugaan Saya Ada Pemain di Belakangnya

Untuk menguatkan dugaannya itu, Edy telah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Sumatera Utara untuk melacak pihak yang memainkan harga dan stok minyak goreng.

"Di tengah kesulitan masyarakat saat ini, masih ada saja pasti oknum-oknum yang cari kesempatan. Kuat dugaan saya, di balik kelangkaan minyak goreng belakangan ini, pasti ada pemain di belakangnya," ujar Edy, dikutip dari akun Instagramnya, Jumat (19/2/2022).

Edy mengatakan, pembentukan Satgas Pangan itu membuahkan hasil.

Satgas menemukan 1,1 juta kilogram minyak goreng kemasan yang ditimbun di dalam sebuah gudang milik salah satu produsen di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Satgas telah memberi peringatan keras kepada produsen tersebut dan meminta untuk segera mendistribusikan minyak goreng sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yaitu seharga Rp 14.000.

Pemprov Sumut juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar kasus itu bisa segera diproses secara hukum.

"Intinya sama saya jangan coba-coba bermain di atas penderitaan rakyat saya, apa lagi ini musim pandemi, semua lagi susah. Jadi mari sama-sama kita pakai hati kita agar tidak menzalimi rakyat," ujar Edy.


Kelangkaan minyak goreng di Sumut

Sementara, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Utara Naslindo Sirait mengatakan, sepanjang penelusuran di lapangan sejak pekan lalu, distribusi minyak goreng memang kerap kosong baik di pasar-pasar maupun ritel.

Untuk itu, dia meminta agar para produsen tak menimbun minyak seperti yang dilakukan salah satu produsen di Deli Serdang tersebut.

"Tentu kita masih akan lanjutkan pengecekan ke gudang-gudang produksi minyak goreng. Karena masih ditemukan satu, kemungkinan masih ada lagi produsen nakal lainnya," ucapnya, dikutip dari Tribun Medan.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul: 1,1 Juta Kg Minyak Goreng Ditemukan Menumpuk di Gudang, Satgas Pangan Akan Panggil Produsen

https://medan.kompas.com/read/2022/02/19/053000878/minyak-goreng-langka-di-sumut-gubernur-edy--kuat-dugaan-saya-ada-pemain-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke