Salin Artikel

Desa Hilisimaetano Nias Selatan Dianugerahi Desa Wisata 2022

NIAS SELATAN, KOMPAS.com hangat – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, menganugerahkan Desa Hilisimateno menjadi Desa Wisata. 

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 ini disambut hangat warga Desa Hilisimateno, Kecamatan Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Rabu (22/6/2022) petang.

Sandiaga Uno mengungkapkan ketakjubannya terhadap keindahan alam hingga kekayaan budaya lokal di Desa Hilisimaetano.

”Saya ucapkan selamat kepada Bapak Bupati yang telah bisa meningkatkan gairah ekonomi dalam tatanan ekonomi baru dengan Desa Wisata Hilisimaetano, tepuk tangan untuk kita semua,” ucap Sandi disambut riuh tepuk tangan warga Desa Hilisimaetano.

Kemenparekraf akan memberikan pendampingan dan pelatihan untuk meningkatkan sarana prasarana dan kualitas destinasi wisata tersebut.

”Seperti toilet hanya ada satu. Kita akan tingkatkan homestay. Juga kita ingin jadikan desa wisata ini sebagai tujuan kunjungan wisatawan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," ucap dia.

Selain itu, Sandiaga dan timnya akan meningkatkan ekonomi kreatifnya sehingga lapangan kerja terbuka dan ekonomi masyarakat meningkat.    

Desa Hilisimaetano terpilih menjadi satu dari 50 desa wisata terbaik yang terjaring melalui proses seleksi ketat pada tahun ini.

Terdapat tujuh kategori penilaian, yakni pertama daya tarik pengunjung (alam dan buatan, seni dan budaya). 

Kedua suvenir berupa kuliner, fesyen, dan kriya. Ketiga homestay. Keempat, toilet umum. Kelima digital dan kreatif.

Keenam Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) dan terakhir kelembagaan desa.  

Desa Wisata Hilisimaetano kaya akan tarian adat. Di antaranya Tarian Maluaya Si'oligo. Yakni tarian yang menyiratkan persatuan seluruh masyarakat desa.

Selain itu, ada Tari Fogaele, atau yang lebih dikenal dengan tarian penyambutan di mana para penari wanita membawa Bola Nafo atau tas anyaman berisi sirih, yang biasanya diberikan pada tamu kehormatan.

Tarian ini juga menunjukkan kelembutan para wanita. Selain itu ada tari perang atau Faluaya seperti namanya.  Tarian tersebut menunjukan keperkasaan para pejuang. 

https://medan.kompas.com/read/2022/06/23/073440578/desa-hilisimaetano-nias-selatan-dianugerahi-desa-wisata-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke