Salin Artikel

Truk Tangki Pertamina Bocor Setelah Tabrakan, Pertalite Berceceran di Jalan Tol Medan

Assistant Manager Traffic Jasa Marga Tollroad Operator Ruas Belmera, Fahruddin Nasution mengatakan, kecelakaan berawal dari truk Colt Diesel yang melaju dari arah Belawan menuju Tanjungmorawa menyeruduk truk tangki di depannya. 

"Posisi yang nabrak itu truk Colt Diesel, nabrak dari belakang, jadi yang kena sisi kiri truk tangki," kata Fahruddin saat dihubungi, Senin.

Kecelakaan ini menyebabkan Pertalite muatan truk tangki berceceran di jalan tol.

Jasa Marga Tollroad Operator Ruas Belmera sampai menghubungi pemadam kebakaran sebagai upaya antisipasi.

"Kita langsung melakukan penutupan jalan. Karena truk tangki Pertamina ini bocor, muatannya pertalite, jadi jalur kita tutup karena berbahaya," sebut Fahruddin.

Jalur A dari Belawan menuju Tanjung Morawa itu sempat ditutup selama kurang lebih satu jam.

Penutupan jalur ini dilakukan saat mengevakuasi kendaraan yang bertabrakan tersebut.

"Evakuasi kita harus menunggu pemadam kebakaran, gunanya kita memastikan tetesan minyak dari tangki itu jangan sampai membahayakan pengendara yang lain," ungkapnya.

"Pemadam kebakaran langsung menyemprotkan menggunakan busa atau deterjen, untuk menghilangkan minyak," sambungnya.


Setelah semuanya dipastikan aman barulah dua kendaraan itu dievakuasi dan dikeluarkan dari jalan tol menggunakan mobil derek.

"Setelah kita pastikan tidak membahayakan, baru truk tangki kita paksa untuk jalan karena bisa bergerak. Colt Diesel tidak bisa jalan harus di derek," katanya.

Fahruddin menambahkan, saat kejadian dan proses evakuasi tidak ada seorang pun kecuali petugas yang boleh mendekat dari jarak radius 100 meter.

"Lebih kurang satu jam jalur kita tutup, untuk memastikan evaluasi lancar. Kita pastikan tidak ada yang mendekat untuk menghindari ledakan kebakaran. Setelah itu, baru kita buka jalur, supaya kemacetan terurai," sebutnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, tapi sopir truk mengalami luka hingga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Truk Tangki Pertamina Bocor Setelah Kecelakaan di Tol, BBM Pertalite Berceceran.

https://medan.kompas.com/read/2022/07/25/193456778/truk-tangki-pertamina-bocor-setelah-tabrakan-pertalite-berceceran-di-jalan-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke