Salin Artikel

Nakes di Medan Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Vaksinasi Booster Kedua di Sumut Dimulai

Untuk tahap awal, penyuntikkan vaksin yang juga disebut booster kedua ini dimulai dari Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik Medan.

”Untuk tahap awal dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik dan selanjutnya akan dilaksanakan di fasilitas kesehatan lainnya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Syarifah Zakia, dikutip dari Kompas.id, Selasa (2/8/2022).

Rumah sakit lain yang nakesnya akan mendapat vaksinasi penguat kedua adalah Rumah Sakit Haji Medan.

Vaksinasi lebih luas pun akan dilakukan di Lapangan Astaka, Jalan Willem Iskandar, untuk nakes dari beberapa rumah sakit di Medan dan sekitarnya.

Jika vaksin mencukupi, vaksin penguat kedua juga akan diberikan untuk masyarakat umum.

Vaksin dosis keempat penting

Syarifah mengatakan, pemberian vaksinasi dosis keempat ini penting untuk kembali meningkatkan kekebalan kelompok di tengah masuknya varian baru Covid-19.

Beberapa varian baru itu, misalnya, adalah subvarian Omicron, yakni BA.4 dan BA.5 yang diduga menjadi pemicu lonjakan kasus di sejumlah daerah di Indonesia.

”Di Sumut sendiri, lonjakan kasus Covid-19 sudah terjadi dalam beberapa pekan ini. Pada Senin (1/8/2022), ada tambahan 53 kasus baru,” kata Syarifah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.id dengan judul: Kasus Covid-19 di Sumut Meningkat, Vaksinasi Penguat Kedua untuk Nakes Dimulai

https://medan.kompas.com/read/2022/08/02/203915278/nakes-di-medan-disuntik-vaksin-covid-19-dosis-keempat-vaksinasi-booster-kedua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke