Salin Artikel

Sakit Hati Ditegur karena Ambil Daun Pisang, Doman Bakar Rumah Kades di Deli Serdang

Ia sempat menjadi buron selama sebulan dan berhasil ditangkap di Kananjahe, Kabupaten Karo.

Saat diperiksa, Doman mengaku membakar rumah kepala desa karena emosi ditegur saat mengambil daun pisang.

Peristiwa pembakaran rumah Kepala Desa terjadi pada Senin (11/7/2022). Dua hari sebelum kejadian, Doman mengambil daun pisang di sebuah ladang yang ia gunakan untuk alas duduk.

Saat itu ia dan teman-temannya sedang melihat penemuan mayat di wilayah Sembahe. Saat mengambil daun itu lah, Doman ditegur oleh Kades.

Setelah ditegur, Doman pun mencari rumah Kades. Di hari Senin ia kemudian membakar bagian belakang rumah Kades.

"Jangan diambil daun pisang itu, mati nanti pokok pisang itu'. Perbuatannya itu terlaksana setelah dua hari kemudian yaitu pada hari Senin tanggal 11 Juli," kata Kapolsek Pancur Batu Kompol Eriyanto Ginting, Jumat (12/8/2022).

Pembakaran rumah Kades pertama kali diketahui oleh tetangga Kades Sembahe, Sumbula Tarigan. Saksi melihat kobaran api di bagian dapur pada Senin pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

Tetangga kemudian berusaha memadamkan api yang membakar bagian pintu belakang. Saat itu warga dan pemilik rumah menemukan 3 boyol bekas minyak yang digunakan untuk membakar.

Akibat pembakaran ini korban ditaksir mengalami kerugian Rp 3 juta.

Akibat perbuatannya pelaku pun terancam kurungan penjara paling lama selama 12 tahun.

"Tindak pidana dengan sengaja membakar yang dapat mendatangkan bahaya umum bagi barang dan atau orang. Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 187 ayat (1) KUHPidana, diancam kurungan paling lama 12 tahun," ucapnya

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Bakar Rumah Kades Sembahe Hingga Nyaris Ludes Terbakar, Doman Tarigan Ditangkap Polsek Pancur Batu

https://medan.kompas.com/read/2022/08/13/165600978/sakit-hati-ditegur-karena-ambil-daun-pisang-doman-bakar-rumah-kades-di-deli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke