Salin Artikel

Tahu Kode PIN ATM, Pria Ini Curi Uang Tabungan Rp 5 Juta Milik Teman

KOMPAS.com - Seorang pria di Toraja Utara berinisial WSA (31) ditangkap usai membobol uang di rekening milik temannya sendiri.

Menurut polisi, pelaku mengaku tahu kode personal identification number (PIN) anjungan tunai mandiri (ATM) milik korban.

"WSA berhasil melakukan transkasi menggunakan ATM milik korbannya, dikarenakan pelaku mengetahui kode pin ATM yang menggunakan angka tanggal kelahiran korban," kata Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, Rabu (02/11/2022).

Tarik uang hingga jutaan

Eko menjelaskan, kejadian itu terungkap saat korban menerima notifikasi adanya transaksi pengeluaran pada SMS Banking sebesar total Rp 5.760.000 pada Minggu (30/10/2022).

Lalu, korban segera mengonfirmasi ke BRI unit Tikunna Malenong Rantepao.

“Setelah menerima informasi dari pihak BRI mengenai transaksi yang tidak dilakukan oleh korban, selanjutnya korban pun melaporkan kejadian tersebut ke Polres Toraja Utara untuk dilakukan proses hukum,” ucap Eko.

Korban lalu membuat laporan ke polisi. Setelah itu, Tim Sat Reskrim Polres Torut melakukan penyelidikan dengan berkordinasi kepada pihak BRI guna mengetahui lokasi pelaku melakukan transaksi.

Rekaman CCTV

Setelah dilacak melalui rekaman closed-camera television (CCTV), polisi mengetahui pelaku adalah WSA.

WSA sendiri adalah rekan kerja korban di bagian resepsionis sebuah hotel. Pelaku lalu segera ditangkap dan digelandang ke Mapolres Toraja Utara.

“Dari pelaku didapatkan beberapa barang bukti berupa kartu ATM BRI milik korban, lembaran bukti transfer dan penarikan tunai, serta 1 unit sepeda motor warna Hijau dengan DD 3728 VV yang digunakan pelaku sebelum melakukan transaksi pada BRI Link,” tutur Eko Suroso.

(Penulis : Kontributor Kompas TV Luwu Palopo, Amran Amir | Editor : Ardi Priyatno Utomo)

https://medan.kompas.com/read/2022/11/02/092617878/tahu-kode-pin-atm-pria-ini-curi-uang-tabungan-rp-5-juta-milik-teman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke