Salin Artikel

Pertama di Indonesia Lomba Lari Diikuti 24.900 Peserta, Edy Rahmayadi: Rakyat Sumut Itu Hebat...

MEDAN, KOMPAS.com - Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Pengprov PASI) Sumatra Utara mengukir sejarah baru lewat Sumut Atletik Juara (SAJ). Target 15.000 peserta, tercatat 24.900 peserta yang ikut berpartisipasi. 

Ketua Umum PASI Sumut David Luther Lubis mengatakan, kejuaraan dengan garis start di depan kantor gubernur di Jalan Diponegoro Medan, dilaksanakan pada Minggu kemarin, menjadi tonggak sejarah baru kebangkitan cabang olahraga atletik di Sumut.

"Ini sejarah baru di Sumut, belum pernah ada kejuaraan lari dengan jumlah peserta sebanyak ini di Indonesia. Kita mencatat rekor, 24.900 peserta," kata David lewat pesan singkatnya, Senin (20/3/2023).

David menjelaskan, SAJ bertema 'Mencerdaskan dan Menyehatkan Anak Bangsa'. Ini lomba lari antar pelajar se-Sumut, mulai tingkat SD sampai SMA sederajat.

Peserta SD menempuh jarak 1.500 meter, SMP sejauh 5.000 meter dan SMA serta kategori umum dengan jarak 10.000 meter.

Pihaknya menjadikan kejuaraan ini salah satu program, sejalan dengan keinginan seluruh pengurus untuk lebih memasyarakatkan atletik sejak dini.

Tujuannya menjaring talenta-talenta potensial untuk dibina menjadi atlet andalan.

Event ini didukung Pemprov Sumut karena seragam dengan program pemerintah menyehatkan dan mencerdaskan anak bangsa.

"Para juara mendapat piagam, selain itu, Pengprov PASI Sumut akan memberi beasiswa dan uang saku selama menjalani pendidikan," ucapnya. 

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku bangga melihat antusias peserta. Dia berharap, SAJ menjadi momentum bangkitnya olahraga di Sumut, khususnya atletik.

Menurutnya, lomba lari ini menjadi pemanasan sebelum Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Para atlet sangat membutuhkan event atau pertandingan sebelum bertanding. Melalui pertandingan atau perlombaan, mental para atlet akan terasah sehingga lebih siap merebut juara.

"Kalian harus tangguh, bangun pagi dan berolahraga, jadi atlet yang andal. Terus berjuang menjadi juara, jangan pernah menyerah. Kita harus bangkit demi prestasi. Rakyat Sumut itu hebat, dari dulu selalu juara, kini sudah banyak ketinggalan," kata Edy. 

Para juara SAJ adalah Kelompok SD Putra, juara pertama Berando A Saragih dari SDN 091324 Medan dan juara kedua Nizzam Azam Putra dari MIN 8 Medan. 

Kelompok SD Putri, juara pertama Yenni Surabina dari SDN 101814 Birubiru, kedua diraih Tamara Citra Lestari dari SDN 200509 Pasid dan ketiga Ziva Azzahra dari SD Alkautsar.

Kelompok SMP Putra, juara pertama: Sultan asal Tarutung, kedua Sahlan dari MTSN Medan dan ketiga Revan dari SMPN 23 Medan.

Kelompok SMP Putri: juara pertama diraih Nurhayati Laoli asal SMP Angkola Selatan, tempat kedua diraih Renni Masima Malau asal SMP 4 Tadian Koting dan ketiga Sabrina Balqis Anwar asal SMPN 1 T Morawa.

Untuk kelompok SMA Putra, keluar sebagai juara pertama, Riki Sihombing asal SMA PGRI Siborongborong, tempat kedua Mukhtaruddin Pohan dari MAN 1 Padangsidimpuan dan tempat ketiga Toni Gulo asal SMAN 2 Padangsidimpuan.

Kelompok SMA Putri urutan pertama diraih Jaita Optiani dari SMAN 1 Angkola Selatan, kedua Bulan Anjelita asal Yayasan Kereta Api Medan.

Kategori Putra Umum, juara pertama diraih Daniel Simanjuntak asal PASI Sumut-Taput, tempat kedua diraih Firton Lumbantoruan dari Yonif Rider 100, juara ketiga Berman H Siahaan dari PASI Sumut.

Kelompok Putri Umum, keluar sebagai juara pertama Siska Simamora dari PPLP Sumut, tempat kedua diisi Anjelika Ginting dari Karo dan ketiga Cilpia Manalu asal Tapanuli Utara.

https://medan.kompas.com/read/2023/03/21/100927878/pertama-di-indonesia-lomba-lari-diikuti-24900-peserta-edy-rahmayadi-rakyat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke