Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Subulussalam, Jalur Aceh-Medan Lumpuh

Kompas.com - 22/05/2019, 23:51 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Arus lalu lintas dari Aceh wilayah pantai barat selatan menuju Medan, Sumatera Utara, hingga kini lumpuh total akibat longsor yang terjadi di kawasan Kedabuhen, Desa Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Rabu (22/5/2019).

Antrean panjang kendaraan berbagai jenis pun mengular hingga berkilometer. Bahkan dari arah Subulussalam dilaporkan mencapai Dayah Moderen Terpadu Subulussalam, Desa Jontor.

Informasi yang dihimpun Serambinews.com, longsor terjadi tepat di KM 611-100 di lokasi pengerjaan perbaikan jalan nasional saat ini.

Longsor terjadi sekitar pukul 20.00 WIB, setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Baca juga: Cerita Korban Longsor Cidadap: Saya Mau Bangunin Bapak, tapi Tiba-tiba Rumah Roboh...

Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Namun, satu unit mobil boks yang melaju dari Subulussalam tertimpa pohon. Mobil boks milik Indomaret dalam keadaan kosong.

Sejauh ini pihak penanganan jalan nasional dilaporkan sudah turun ke lokasi untuk mengatasi timbunan material di jalan.

Dua alat berat dikerahkan yakni eskavator dan loader guna membuka kembali akses jalan Aceh-Medan yang kini lumpuh total.

Baca juga: Jalan Penghubung Ogan Ilir–OKU Longsor, Arus Mudik Dikhawatirkan Terganggu

Kasatlantas Polres Aceh Singkil, AKP Syukrif  mengatakan, kejadian itu membuat satu unit mobil terperangkap. Penanganan sudah dilaksanakan dan arus lalu lintas masih lumpuh.

"Benar, sekarang sedang evakuasi kendaraan yang terperangkap dan membuka kembali jalur Subulussalam-Medan," ujar Syukrif.

Pantauan Serambinews.com, cuaca ekstrem ini telah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Hujan malam ini kembali terjadi menguyur Kota Sada Kata itu.

Warga Aceh yang melakukan perjalanan ke Medan di lintasan Subulussalam dimbau untuk lebih waspada tanah longsor yang kerap terjadi di jalur tersebut.

 

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul: Longsor Sebabkan Lalulintas Aceh-Medan Lumpuh Total, Mobil Box Yang Tertimpa Pohon Milik Indomaret

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com