Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 141 Pos Keamanan Sepanjang Jalan Lintas Sumatera Selama Mudik 2019

Kompas.com - 28/05/2019, 17:04 WIB
Dewantoro,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mendirikan sebanyak 141 Pos di masing-masing wilayah hukumnya guna memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan mudik 2019.

Pos-pos tersebut terdiri dari 100 unit Pos Pengamanan (Pospam) serta 41 Pos Pelayanan (Posyan) yang disebar disepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

"Pengamanan ini dilakukan dalam Operasi (Ops) Ketupat Toba 2019 oleh 538 satuan tugas Polda Sumut dan 7.222 satuan tugas wilayah. Pengamanan itu dilaksanakan selama 13 hari," ungkap Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Selasa (28/5/2019).

Untuk mengecek kesiapan pengamanan Ops Ketupat Toba 2019 itu, lanjutnya, juga dilaksanakan Upacara Gelar Pasukan di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (28/5/2019) sekira pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Mudik Gesit: Helikopter Disiagakan untuk Evakuasi Pemudik Sakit.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto bertindak sebagai pimpinan apel. Apel ini dihadiri Wali Kota Medan T Zhulmi Eldin, Kasdam I/BB Brigjen TNI Hasanuddin unsur FKPD, para Pejabat Utama Polda Sumut, Kapolrestabes Medan, para Kapolsek jajaran Polrestabes Medan.

Apel gelar pasukan ini diselenggarakan untuk mengecek kesiapan akhir personel beserta kelengkapannya baik dari Polri maupun unsur terkait serta segenap potensi masyarakat yang terlibat dalam pengamanan sebelum, dan pasca Idul Fitri 1440 H di Sumut.

Dalam apel tersebut, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto membacakan amanat Kapolri.

Ia menerangkan, apel gelar pasukan ini merupakan wujud kesiapan Polri dalam menghadapi kegiatan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H serta sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personel beserta kelengkapan sarana dan prasarana (sarpras), sebelum menghadapi tugas pengamanan di lapangan.

Baca juga: Polda Sumut Panggil Dahnil Anzar Sebagai Saksi Kasus Dugaan Makar

"Rencana operasi dan seperangkat cara bertindak yang telah dipersiapkan, diharapkan dapat dilaksanakan secara sinergis oleh unsur pengamanan yang terlibat sehingga masyarakat Indonesia dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H dengan aman, nyaman, lancar dan dipenuhi dengan rasa kebersamaan," katanya.

Sementara itu, Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Toba 2019 ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Polda jajaran. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 160.335 personel pengamanan gabungan.

Jumlah tersebut terdiri dari 93.589 unsur Polri, 13.131 TNI, 18.906 personel kementerian dan dinas terkait, 11.720 personel Satpol PP, 6.913 personel Pramuka, serta 16.076 personel organisasi kemasyarakatan dan juga kepemudaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com