Membaca Peluang Batik Sumut di Tengah Hegemoni Batik Jawa

Kompas.com - 09/09/2019, 15:31 WIB
Empat orang mahasiswa melihat batik bercorak kebudayaan Sumatera Utara yang dipamerkan di pameran bertema Goresan Malam di Galeri Seni Rupa Fakultas Bahasan dan Seni Universitas Negeri Medan, Senin (9/9/2019). Pameran ini tak sekedar sebagai tugas akhir melaikan untuk mengenalkan batik Sumut dan meramaikan pasar batik di tengah hegemoni batik Jawa. KOMPAS.COM/DEWANTOROEmpat orang mahasiswa melihat batik bercorak kebudayaan Sumatera Utara yang dipamerkan di pameran bertema Goresan Malam di Galeri Seni Rupa Fakultas Bahasan dan Seni Universitas Negeri Medan, Senin (9/9/2019). Pameran ini tak sekedar sebagai tugas akhir melaikan untuk mengenalkan batik Sumut dan meramaikan pasar batik di tengah hegemoni batik Jawa.

MEDAN, KOMPAS.com - Puluhan motif batik dari berbagai etnis Sumatera Utara (Sumut) dipamerkan di Galeri Seni Rupa Fakultas Bahasan dan Seni Universitas Negeri Medan (Unimed), dalam sebuah pameran yang diselenggarakan mulai hari ini, Senin (9/9/2019) hingga Rabu (11/9/2019).

Pameran sebagai bagian dari aplikasi pembelajaran mata kuliah Kriya Batik yang ditempuh mahasiswa semester IV. 

"Hasil karya mereka ini cukup mengejutkan. Sangat bagus,” ujar Wakil Dekan I FBS sekaligus dosen pengampu matakuliah Kriya Batik, Wahyu Triatmojo di sela-sela, Senin (9/9/2019).

Baca juga: Tiba di Yogyakarta, Raja Malaysia Diajak Sri Sultan Lihat Batik hingga Tarian Lawung

Wahyu mengatakan, meski hanya sebagai tugas di akhir kuliah, batik karya mahasiswa ini sangat layak untuk diapresiasi.

Apalagi para mahasiswa telah bekerja sungguh-sungguh menciptakan karya seni yang bernilai cukup tinggi.

"Apalagi, batik motif Sumut saat ini mulai berkembang," katanya.

Motif batik karya para mahasiswa mencirikan beragam etnis di Sumut diusung dalam setiap karya mereka, baik itu motif Batak Toba, Karo, Mandailing, Simalungun, Nias dan Melayu. 

Wahyu menjelaskan, pameran ini sebenarnya bukan sekedar tujuan akademik, tetapi juga untuk mengenalkan batik Sumatera Utara yang kini mulai meramaikan pasar.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X