Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI dan Kapolri Pilih Medan sebagai Pusat Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Ini Alasannya

Kompas.com - 19/12/2019, 16:33 WIB
Dewantoro,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis memilih Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), sebagai pusat kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru (nataru).

Hal itu disampaikan Panglima TNI usai apel gelar pasukan kesiapan pengamanan Nataru di Lapangan Benteng Medan, Jalan Pengadilan, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Kamis (19/12/2019)

Menurut Panglima TNI, dia dan Kapolri memilih Medan untuk bersilaturahmi dan menyapa masyarakat di Sumut.

"Untuk apel kesiapan pengamanan  dilaksanakan di Medan untuk pusatnya, dan di daerah pun, semuanya melaksanakan. Tidak ada tujuan tertentu, yang ada adalah kita bersilaturahmi dan menyapa wilayah Sumut," katanya. 

Baca juga: Arus Mudik Natal dan Tahun Baru, 6 Kamera Detektor Dipasang di Batas Kota Solo

Panglima TNI berharap, seluruh komponen masyarakat, Pemerintah Daerah ikut berperan aktif dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai sebagaimana diinginkan semua orang.

"Tidak ada tujuan tertentu hanya menginginkan silaturahmi aja di Sumut. Kemungkinan tahun depan akan kita pilih wilayah mana menjadi pusat untuk melaksanakan apel kesiapan pengamanan," katanya. 

Operasi Lilin mulai 23 Desember 2019

Hal senada diungkapkan Kapolri Jenderal Idham Azis. Menurutnya, apel gelar pasukan ini dilaksanakan di seluruh Indonesia.

"Bapak Panglima dan saya memilih Medan untuk memberi motivasi seluruh personel di jajaran Kodam Bukit Barisan dan Polda Sumut agar Operasi Lilin yang dilaksanakan  mulai 23 Desember besok sampai 2 Januari 2020 berjalan lancar, tertib," katanya. 

Ketika ditanya mengenai provinsi mana yang terdeteksi kerawanannya, Idham mengatakan pihaknya sudah melakukan mapping di seluruh daerah.

"Ttentu kita sudah mapping di mana tingkat-tingkat kerawanannya. Operasi Natal lilin tahun ini melibatkan kurang lebih 12.000 personel, gabungan TNI dan Polri, serta aparat Pemda dan organisasi masyarakat," katanya.

Dia juga berharap semua bisa bekerja sama karena pengamanan bukan hanya domain TNI dan Polri, tetapi masyarakat juga berperan untuk menciptakan suasana yang kondusif. 

Baca juga: Polda Jateng Kerahkan 20.000 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com