Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Virus Corona, Proyek Terowongan PLTA Batangtoru Dihentikan

Kompas.com - 18/02/2020, 23:29 WIB
Dewantoro,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Pengerjaan terowongan PLTA Batangtoru, Sumatera Utara, sementara diberhentikan karena merebaknya virus corona.

Senior Advisor for the President Commissioner of PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) Emmy Hafid mengatakan, saat ini pihaknya tetap fokus pada pengerjaan terowongan meski akan mengalami keterlambatan.

"Keterlambatan ini bukan karena masalah internal, tetapi lebih dikarenakan covid 19. Soalnya kontraktor yang mengerjakan tunnel itu datang langsung dari Tiongkok," kata Emmy..

Baca juga: Negatif Corona, Mahasiswa Maluku yang Dikarantina Akhirnya Pulang ke Rumah

Dengan demikian, target penyelesaian pembangkit diprediksi molor dari tahun 2022.

"Kita belum tahu sampai kapan ini berhenti, karena kan tergantung dari kebijakan larangan masuk orang yang datang dari China," katanya lagi.

Namun demikian, proses pembersihan lahan untuk pembangunan PLTA Batang Toru sudah selesai dilakukan seluruhnya.

"Proses pembersihan lahan sudah selesai, jalan untuk pengerjaan juga sudah selesai," ujarnya.

Dia mengatakan PLTA Batangtoru itu proyek pemerintah, dan kami hanya bertugas sebagai pelaksana proyek. Jadi, yang berhak memerintahkan kami berhenti itu ya pemerintah," ujarnya.

Emmy, menyebut penolakan Mighty Earth terhadap PLTA tidak semata karena alasan lingkungan, tetapi lebih karena faktor ekonomi.

"Tujuan akhir mereka itu hanya supaya kita menghentikan pendanaan dari Bank of China. Supaya China connection itu terputus. Padahal kan ada alasan yang membuat kami memilih Bank of China, salah satunya itu keleluasaan. Kita orang Indonesia kan suka yang fleksibel," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com