Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Sumut Sudah Shalat Idul Fitri

Kompas.com - 22/05/2020, 17:06 WIB
Dewantoro,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com – Pada Jumat (22/5/2020) pagi, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara hari ini merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah. Jemaah memusatkan digelarnya Salat Id di Bandar Tinggi, Simalungun.

"Ya tadi kita sudah melaksanakan salat Idul Fitri," kata Khairil Anwar (41), salah seorang jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah asal Mariendal, Medan dalam rekaman suara wawancara yang diterima pada Jumat siang.

Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriyah jatuh pada hari ini sesuai hitungan kalender hisab qamariyah.

Tarekat ini juga menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1441 Hijrah jatuh pada Rabu 22 April 2020, dua hari lebih awal  dari ketetapan pemerintah.

Baca juga: Ini Pesan Pimpinan Tarekat Naqsabandiyah ke Jokowi

Shalat Id digelar berjemaah

Salat Idul Fitri yang digelar jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah tahun ini di majelis-majelis dan  setidaknya di dua pesantren tarekat ini.

Selain di Pondok Pesantren Yayasan Dr Syekh Salman Daim di Bandar Tinggi, Simalungun, Salat Id juga dilaksanakan jemaah di pesantren di Kandis, Riau.

"Saya kurang tahu pasti untuk yang di Cigombong, Bogor. Tapi kalau di Kandis juga sudah melaksanakan salat Id. Kalau di Mariendal kemarin kita sudah tanya ke Polsek setempat, tapi belum mendapat izin," jelas Khairil.

Baca juga: Wali Kota Madiun Bolehkan Masjid Gelar Shalat Idul Fitri, Asalkan..

Pandemi Covid-19 menjadi perhatian dalam Salat Id kali ini. Jemaah bersama-sama berdoa agar wabah ini segera dapat diatasi.

Salat Id diikuti ratusan jemaah dari berbagai penjuru Sumut. Salat Id dilanjutkan dengan ziarah ke makam Tuan GuruSyekh Salman Daim.

"Selanjutnya kita bersilaturahmi dengan keluarga Tuan Guru dan jemaah lainnya," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com