Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sah, Bobby-Aulia Pimpin Kota Medan

Kompas.com - 18/02/2021, 19:22 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Lima hari setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menggugurkan perkara sengketa Pilkada Kota Medan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan harus menetapkan calon terpilih.

Rapat pleno penetapan pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota terpilih pun digelar di Hotel Arya Duta Medan.

Rapat dihadiri langsung pasangan nomor urut dua Bobby Nasution-Aulia Rachman, Pelaksana tugas Wali Kota Medan Wiriya Alrahman, Ketua DPRD Kota Medan Hasyim SE, pimpinan partai politik pendukung dan Forkompinda.

Namun Paslon nomor urut satu Akhyar Nasution-Salman Alfarisi tidak hadir meski telah diundang. 

Baca juga: Akhyar Nasution Pamit Akhiri Tugas 6 Hari Jadi Wali Kota Medan, Minta Maaf Saat Rapat dengan DPRD

Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik mengatakan, berdasarkan keputusan Nomor 175/pl.02.7-kpt/1271/kpu-kot/II/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dalam Pilkada Kota Medan  2020 menetapkan paslon nomor urut dua memperoleh suara 393.327 sebagai pemenang.

"Penetapan ini, selanjutnya diserahkan ke DPRD Kota Medan untuk mengusulkan pelantikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui gubernur Sumatera Utara. Harapan kami, keputusan ini diterima semua pihak. Kepada paslon yang telah ditetapkan, masyarakat banyak menggantungkan harapan untuk membawa Kota Medan lebih maju dan lebih baik sesuai visi dan misi," kata Agussyah, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: MK Gugurkan Gugatan Sengketa Pilkada Medan Akhyar-Salman, KPU Bersyukur Perkara Tak Dilanjutkan

Program 100 hari Bobby-Aulia: atasi banjir

Bobby dan Aulia saat memberikan keterangan pers mengatakan, program kerja jangka pendek atau 100 hari pemerintahan, keduanya mengatakan akan bekerja memenuhi keluhan masyarakat seperti kebersihan, drainase yang buruk dan banjir.

"Infrastruktur yang buruk harus diperbaiki, penataan birokrasi di Pemko Medan dan terpenting menekan penyebaran Covid-19 dengan mengefektifkan praktik 3T dan 3M," kata Aulia. 

Ditanya apakah akan melibatkan PKS dan Demokrat dalam program kerjanya nanti, Bobby menjawab, Pemerintahan Kota Medan memiliki rekan kerja yaitu legislatif.

Lembaga ini terdiri dari partai politik pendukung dan oposisi. 

"Kami harus bergandengan dengan legislatif, semua partai yang ada di DPRD medan," katanya. 

Baca juga: Saat Gugatan Akhyar-Salman Digugurkan MK dan Bobby-Aulia Raih Suara Terbanyak Pilkada Medan...

Seperti diketahui, Pilkada Kota Medan diikuti dua paslon, nomor urut satu adalah Akhyar Nasution - Salman Alfarisi (AMAN) yang didukung Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Paslon nomor urut dua Bobby Nasution - Aulia Rachman yang didukung PDI-P, Gerindra, PAN, PPP, PSI, Hanura, Golkar dan NasDem. 

Muhammad Bobby Afif Nasution adalah suami dari Kahiyang Ayu, anak Presiden Jokowi. Sekarang mereka tinggal di Komplek Taman Setia Budi Indah (Tasbih) Blok LL - KK, Kota Medan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com