Salin Artikel

Babi di Sumut Masih Berpotensi Kena ASF, Domba Merino Bisa Jadi Alternatif

Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi B DPRD Sumut, Sugianto Makmur saat ditemui di Sekolah Lapang DPD PDI Perjuangan  Sumut  di Desa Sei Mencirim Kecamatan Paya Geli, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (17/3/2021) sore. 

"Domba merino ini, mungkin bisa jadi pengganti babi. Kenapa dia cukup produkti, setahun bisa 2. Zaman sekarang kan babi masih banyak virus, ASF, yang setiap saat bisa kembali menyerang," katanya. 

Di tempat tersebut, terdapat 4 ekor domba merino, 2 kambing peranakan etawa dan 4 ekor kerbau murah, yang menghasilkan susu, sekitar 600 ekor ayam kampung, dan lahan yang ditanami jagung, kelor, sorgum, dan lain sebagainya. 

Dijelaskannya, domba merino bisa menjadi alternatif karena dari sisi perawatan, pemeliharaan tidak sulit. Dan juga, tidak terlalu rawan terserang virus.

"Sementara untuk daging, dari satu ekor domba merino jantan, bisa menghasilkan 80 kilogram," ujarnya. 

Dikatakannya, pengembangan ternak domba merino juga berpeluang di kawasan Tapanuli Utara (Taput).

Ada sejumlah faktor menurutnya yang bisa menjadi keuntungan. Mulai dari suhu daerah yang dingin, masih banyak lahan rumput yang luas.

"Serta masyarakat di Taput, terutama kaum ibu yang pekerja keras," ujarnya.  

Mengenai pemasaran, menurutnya juga sangat berpotensi karena domba tidak jauh berbeda dari kambing. Selama berat domba sudah mencapai berat tertentu, masyarakat pasti untung.

Ketua Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) DPD PDI Perjuangan Sumut ini mengatakan, peternakan domba merino sudah banyak dilakukan di Pulau Jawa. 

"Kalau pemerintah bisa bantu, domba ini terjangkau masyarakat. Bisa jadi solusi," katanya. 

Sehingga untuk mendapatkan bibit tidak sulit. Jadi ke  depan, lanjut dia, pihaknya akan  mendorong pemerintah Provinsi Sumut untuk aktif memberikan solusi sebagai bentuk dukungan bagi peternak babi.

"Jadi jangan cuman hanya melarang, tapi harusnya diikuti dengan tindakan sehingga masyarakat tidak gamang," ujarnya. 

https://medan.kompas.com/read/2021/03/19/074843278/babi-di-sumut-masih-berpotensi-kena-asf-domba-merino-bisa-jadi-alternatif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke