Salin Artikel

Banjir di Aceh Utara, Bupati: Nyaris Lumpuh Total, Ketinggian Air 1 hingga 2 Meter

KOMPAS.com - Banjir bandang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Utara, Senin (3/1/2022) dan membuat ratusan warga terpaksa mengungsi.

Wilayah yang terdampak itu adalah Kecamatan Dewantara, Sawang, Banda Baro, Cot Girek, Matangkuli, Pirak Timu, Lhoksukon, Langkahan, Samudera, Nisam Antara, dan Kecamatan Tanah Luas.

Akibatnya, ribuan warga terpaksa mengungsi. Banjir dipicu meluapnya empat sungai setelah wilayah Aceh Utara usai diguyur hujan deras.

Berikut ini fakta terkini kondisi banjir di Aceh Utara:

1. Tanggap darurat

Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib, atau akrab disapa Cek Mad, telah menetapkan status tanggap darurat banjir di wilayahnya sejak 2-16 Januari 2022.

Menurutnya, bencana banjir telah membuat lumpuh aktivitas warga selama dua hari terakhir.

"Saat ini nyaris lumpuh total. Ketinggian air mulai dari satu hingga dua meter. Saya sudah kerahkan semua kekuatan yang ada di Aceh Utara untuk membantu korban banjir," katanya, Senin.

Menurutnya, banjir telah membuat sejumlah tanggul sungai jebol sepanjang dua hari terakhir. Hal itu membuat dampak banjir semakin meluas.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Utara, Fuad Mukhtar menegaskan, bantuan bagi para korban banjir segera didistribusi ke kantor kecamatan.

"Camat meneruskan ke penerima bantuan korban banjir. Kita minta camat update laporan agar segera bisa disalurkan bantuan," pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang murid Sekolah Dasar (SD) bernama Andika (12) dilaporkan tewas terseret banjir di Desa Meuria, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (2/1/2021).

Informasi itu dibenarkan oleh Kapolsek Matangkuli Asriadi. Menurutnya, korban jatuh ke lokasi banjir dan terseret arus.

Saat itu, katanya, korban sedang bersama temannya bermain di saluran irigasi sambil melihat air banjir. Namun, korban terjatuh dan diduga tak bisa berenang.

"Arus di aliran irigasi sangat deras, jadi korban terperosok ke dalam sungai dan tenggelam," jelasnya.

4. Bantuan korban banjir

Bupati Aceh Utara meminta bantuan segera dibagikan ke para pengungsi.

Dirinya mengaku sudah meminta perangkat desa untuk lebih cepat dan teliti saat mendistribusikan bantuan.

"Saya intruksikan camat lapor segera agar bisa kita distribusi bantuan. Jangan sampai ada warga yang belum tersalurkan bantuan masa panik dulu," katanya.

(Penulis: Kontributor Lhokseumawe, Masriadi | Editor: I Kadek Wira Aditya)

https://medan.kompas.com/read/2022/01/03/151349378/banjir-di-aceh-utara-bupati-nyaris-lumpuh-total-ketinggian-air-1-hingga-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke