Salin Artikel

Warga Inggris di Medan Diduga Terjangkit Omicron, Begini Respons Bobby Nasution

Pria berusia 60 tahun itu diduga terjangkit virus corona varian Omicron.

Merespons kabar itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution langsung menyambangi rumah sakit tempat pasien tersebut dirawat pada Rabu (5/1/2022).

Menantu Presiden Joko Widodo itu menegaskan bahwa sampai saat ini, pihak rumah sakit maupun Pemkot Medan belum bisa memastikan apakah pasien itu positif Omicron atau tidak.

"Hasil dari PCR-nya masih dikirim ke Balitbangkes di Jakarta. Kami masih menunggu untuk konfirmasi varian apa pada warga negara Inggris ini," kata Bobby di rumah sakit.

Dia mengatakan, kabar pasien tersebut terpapar varian Omicron kemungkinan besar karena pasien itu merupakan WNA dan baru melalukan perjalanan dari negara dengan penyebaran Omicron yang cukup tinggi.

Seperti diketahui, warga Inggris yang merupakan kru pesawat kargo itu baru saja terbang dari Inggris, kemudian singgah ke Belgia dan hendak menuju Singapura via Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sebelum berangkat ke Singapura, mereka menginap satu malam di Hotel Horison Kualanamu pada Selasa kemarin.

Kemudian, karena surat hasil PCR sudah keladuwarsa, pria tersebut memutuskan untuk melakukan tes PCR di bandara pada Rabu pagi dan hasilnya ternyata positif Covid-19.

Dia langsung dikirim ke RS Royal Prima untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan lanjutan.

Sementara kru lainnya melanjutkan perjalanan.


Warga Inggris itu setidaknya harus dirawat di sana hingga 10 hari ke depan, sembari menunggu hasil pemeriksaan sampel di Balitbangkes Kemenkes di Jakarta.

Satgas Penanganan Covid-19 juga bergerak cepat untuk melakukan penelusuran kontak erat pasien itu.

Pemkot Medan telah berkomunikasi dengan Pemkab Deli Serdang untuk melakukan tracing kontak erat di Hotel Horison, tempat pasien itu menginap.

Direktur RS Royal Prima M Farids Syahrian mengatakan, pasien tersebut masuk ke rumah sakit pada Rabu pagi.

"Tidak ada gejala yang signifikan. Bahkan pasien ini OTG," kata Farids.

Adapun pihak RS memang mengirim sampel pasien itu ke Balitbangkes, karena selain merupakan warga negara asing, pasien itu juga baru saja melakukan perjalanan dari luar negeri.

"Sesuai prosedur yang berlaku, seluruh sampel kita kirim ke Balitbangkes untuk kita pastikan dulu varian Omicron atau tidak," kata dia.

https://medan.kompas.com/read/2022/01/05/194818078/warga-inggris-di-medan-diduga-terjangkit-omicron-begini-respons-bobby-nasution

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke