Salin Artikel

Ini Profil Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin yang Kena OTT KPK

KOMPAS.com - Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin terkena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (18/1/2022).

Dilansir dari TribunMedan.com, Terbit telah menjabat sebagai bupati sejak 2019.

Sebelum menjadi bupati, politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), periode 2014-2018.

Selain itu, pria kelahiran tahun 1972 itu juga dikenal aktif dalam organisasi kepemudaan, salah satunya di Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila di Medan, Sumut. 

Terbit mulai bergabung di organisasi tersebut sejak 1997 hingga sekarang menjadi ketu

Dari mulai tahun 1997, hingga dengan sekarang Terbit masih menjabat sebagai Ketua MPC Pemuda Pancasila.

Selain itu, dirinya juga menjabat sebagai Ketua SPTI/SPSI Kabupaten Langkat, pada tahun 2002 -2022.

Dalam laporannya, Terbit memiliki 10 bidang tanah dan bangunan senilai Rp3.790.000.000, serta harta lainnya sebesar Rp 78.300.000.000.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu (19/1/2022), membenarkan adanya OTT di Langkat.

Saat ini, tim KPK tengah melakukan permintaan keterangan dan klarifikasi kepada pihak-pihak yang diamankan dalam OTT itu.


“Pemeriksaan dan klarifikasi dilakukan tentu agar dapat disimpulkan apakah dari bukti awal yang ada benar adanya peristiwa pidana korupsi,” ucap Ali.

“Kemudian juga apakah ditemukan pihak yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum ataukah tidak,” tutur dia.

Selain Bupati Langkat, menurut Ali Fikri, KPK juga mengamankan beberapa orang.

“Tim KPK berhasil menangkap beberapa pihak dalam kegiatan tangkap tangan terkait dugaan tindak pidana korupsi di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu (19/1/2022).

(Penulis: Irfan Kamil | Editor : Sabrina Asril)

Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul: Sosok Terbit Rencana Perangin-angin, Bupati Langkat Kena OTT KPK, Kepala Daerah Terkaya di Indonesia

https://medan.kompas.com/read/2022/01/19/144420978/ini-profil-bupati-langkat-terbit-rencana-perangin-angin-yang-kena-ott-kpk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke