Salin Artikel

Polisi Sebut 27 Orang yang Dikerangkeng di Rumah Bupati Langkat Diantar Sendiri oleh Orangtua

Menurut polisi, 27 orang tersebut diantarkan sendiri oleh orangtua masing-masing.

Bahkan, para orangtua dan menandatangani surat pernyataan.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara Kombes Hadi Wahyudi kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Hadi mengatakan, kerangkeng yang ditemukan saat operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu itu ada dua yang berukuran 6x6 meter.

"Mereka datang ke situ diantarkan oleh orangtuanya dengan menandatangani surat pernyataan. Isinya antara lain, direhabilitasi, dibina dan dididik selama 1,5 tahun. Mereka umumnya adalah warga sekitar lokasi," kata Hadi.

Meski demikian, Hadi belum menjelaskan lebih rinci mengenai latar belakang hingga para orangtua mau mengantarkan anaknya untuk dikerangkeng.

Sementara itu, Koordinator Advokasi Kebijakan Migrant Care, Badriyah mengatakan, pihaknya menduga ada perbudakan modern yang dilakukan Bupati Langkat.

Hal tersebut berdasarkan laporan masyarakat yang tidak bisa disebutkan identitasnya, bahwa ada sejumlah pekerja yang dikerangkeng di rumah Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana Perangin-angin.

Laporan itu disampaikan melalui aplikasi percakapan WhatsApp.

"Laporannya bahwa ada pekerja kebun sawit yang dikerangkeng dengan kondisi tidak layak. Bekerja selama 10 jam tanpa digaji, makan hanya dua kali sehari, serta tidak ada alat komunikasi," kata Badriyah saat dikonfirmasi.


Kasus ini, menurut Badriyah, sudah dilaporkan ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan diterima oleh Komisioner Khoirul Anam.

Tindak lanjut dari laporan itu, menurut Badriyah, Komnas HAM akan melakukan investigasi.

"Kita tunggu hasil investigasi Komnas HAM," kata dia.

Menurut Badriyah, berdasarkan laporan, mereka yang ada di dalam kerangkeng itu adalah pekerja, bukan pecandu narkoba.

"Kalau laporannya mereka itu pekerja (bukan pecandu). Kalau tempat rehabilitasi, apakah ada kerja sama dengan BNN? Kenapa di rumah bupati?" kata Badriyah.

https://medan.kompas.com/read/2022/01/24/183034278/polisi-sebut-27-orang-yang-dikerangkeng-di-rumah-bupati-langkat-diantar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke