Salin Artikel

Kapolrestabes Medan Resmi Dicopot karena Suruh Anak Buah Lunasi Pembayaran Motor, Ini Sosok Penggantinya

Mutasi tersebut tertuangan dalam Telegram Kapolri Nomor : ST/164/I/KEP./2022 tanggal 24/1/2022.

Jabatan Riko sebagai Kapolrestabes Medan digantikan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumut.

Kini, Riko menjabat sebagai Analis Kebijakan (Anjak) Madya Bidang Wabprof Divisi Propam Polri.

Kombes Riko Sunarko telah menjabat sebagai orang nomor satu Polrestabes Medan sejak 18 Mei 2020. Saat itu, Riko menggantikan posisi Kombes Pol Jhonny Edison Isir.

Ia terhitung telah memimpin Polrestabes Medan 1 tahun 8 bulan.

Sedangkan pengganti Riko, Valentino merupakan lulusan Akpol 1994.

Kepada Tribun Medan, Valentino mengatakan, dirinya akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan pembenahan di Polrestabes Medan.

"Saya juga baru dapat kabar terkait perpindahan saya menjadi Kapolrestabes Medan. Saya akan mencoba memberikan yang terbaik di tubuh Polri," ujarnya, Selasa (25/1/2022).


Seperti diketahui, Kombes Pol Riko Sunarko dicopot dari jabatannya oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak karena melanggar kode etik.

Riko menyuruh anak buahnya, Kasat Narkoba Polrestabes Medan Kompol Oloan Siahaan untuk membeli sepeda motor seharga Rp 13 juta sebagai hadiah kepada anggota Koramil yang berhasil mengungkap kasus ganja.

Namun, Riko hanya membayar Rp 7 juta, sedangkan sisanya Rp 6 juta dibayar oleh Kompol Oloan.

Kode etik yang dilanggar Riko terungkap setelah sebelumnya Oloan diperiksa terkait keterlibatannya dalam kasus suap istri bandar narkoba.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul: KOMBES TATAREDA Terkejut Ditunjuk Jadi Kapolretabes Medan Gantikan Riko Sunarko:Terbaik Untuk Polri!,

https://medan.kompas.com/read/2022/01/26/175820078/kapolrestabes-medan-resmi-dicopot-karena-suruh-anak-buah-lunasi-pembayaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke