Salin Artikel

Tol Binjai-Stabat Sepanjang 11,8 Kilometer Rampung, Diresmikan Jokowi Hari Ini

MEDAN, KOMPAS.com - Hutama Karya memastikan Jalan Tol Binjai – Stabat sepanjang 11,8 kilometer telah rampung dan saat ini tengah menunggu arahan regulator untuk dapat diresmikan dan segera dioperasikan.

"Hutama Karya berterimakasih kepada seluruh stakeholder yang memberikan dukungan sehingga pembangunan tol itu dapat berjalan lancar, minim kendala, dan sesuai target yang telah ditentukan,” ujar Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto dalam keterangan yang diterima di Medan, Rabu (2/2/2022).

Dikutip dari Antara, Budi menegaskan, berkat dukungan seluruh pemangku kepentingan seluruh proses konstruksi hingga proses pembebasan lahan berjalan dengan baik.

Jalan Tol Binjai-Stabat memiliki panjang 11,8 km merupakan seksi 1 dari ruas Tol Binjai, Sumut-Langsa, Aceh.

Ruas Tol Binjai-Langsa terdiri dari lima seksi yakni seksi 1 (Binjai-Stabat) sepanjang 11,8 km, seksi 2 (Stabat - Tanjung Pura) sepanjang 26,2 km.

Kemudian seksi 3 (Tanjung Pura-Pangkalan Brandan) sepanjang 19, km, seksi 4 (Pangkalan Brandan – Kuala Simpang) sepanjang 45 km dan seksi 5 (Kuala Simpang-Langsa) sepanjang 29 km.

"Nantinya akan dilengkapi oleh lima buah Interchange (IC) atau Simpang Susun," katanya.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang sekitar 1.065 km dengan 534 km ruas konstruksi dan 531 km ruas beroperasi.

Ada pun ruas yang telah beroperasi secara penuh yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (141 km), Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 km). Kemudian Palembang-Indralaya (22 km), Medan-Binjai (17 km), Pekanbaru-Dumai (132 km), Sigli-Banda Aceh seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 Km) dan seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km).

Hutama Karya memastikan bahwa untuk mempersiapkan pengoperasian Tol Binjai - Stabat telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 14 – 15 Januari 2022 oleh perusahaan bersama dengan Badan Pengatur Jalan Tol, Bina Marga, Korlantas, BBPJN Sumut dan instansi lainnya.

Ada pun Sertifikat Laik Operasi (SLO) telah diterima perusahaan pada 28 Januari 2022.

Keberadaan Tol Binjai – Stabat akan membuka konektivitas baru dari Kecamatan Stabat ke Kota Binjai dan bahkan hingga Medan.

"Setelah nanti dioperasikan, harapannya dapat mempercepat angkutan barang dan manusia," katanya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan antusiasmenya atas proyek JTTS ruas Binjai – Langsa seksi Binjai – Stabat sepanjang 11,8 km yang telah rampung.

Erick mengapresiasi kinerja PT Hutama Karya (Persero) selaku "owner" proyek beserta PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor dalam percepatan penyelesaian ruas tol itu.

Selain itu, Erick juga menyampaikan bahwa rampungnya proyek tol ini menambah panjang JTTS yang sarat akan manfaat.

“Jalan Tol Binjai-Stabat akan terhubung langsung ke Tol Medan-Binjai yang sudah terlebih dahulu beroperasi. Kehadiran jalan tol ini akan membantu memangkas waktu tempuh Stabat ke Bandara Kualanamu (KNO) dari 2 jam menjadi kurang lebih 45 menit saja,” ujar Erick.

Agenda peresmian

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat, Kamis (3/2/2022).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan hal itu kepada Kompas.com, Rabu (2/2/2022).

"Rencana demikian (peresmian Tol Binjai-Stabat 3 Februari 2022). Dirangkaikan dengan kunjungan Presiden," jelas Danang.

Danang menuturkan, Jokowi akan meresmikan Tol Binjai-Stabat bersama dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sumber: Kompas.com (Suhaiela Bahfein| Editor : Hilda B Alexander)

https://medan.kompas.com/read/2022/02/03/073654978/tol-binjai-stabat-sepanjang-118-kilometer-rampung-diresmikan-jokowi-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke