Salin Artikel

Akhirnya, Jokowi Sampai Juga di Liang Melas Datas, Desa yang Mengiriminya 3 Ton Jeruk ke Istana

Untuk diketahui, warga Desa Liang Melas Datas sempat mengirimi Jokowi 3 ton jeruk ke Istana Negara pada 6 Desember 2021.

Mereka berharap agar Kepala Negara memperhatikan kondisi jalan di desa tersebut yang sangat memperihatinkan. 

Pada kunjungannya ke kampung jeruk tersebut, Jokowi sempat berdialog dengan para petani.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian meminta adanya pendampingan untuk meningkatkan kualitas produksi jeruk di Kabupaten Karo yang menjadi salah satu sentra produksi komoditas jeruk.

Selain pertanian, Presiden juga meninjau langsung perbaikan infrastruktur jalan yang rusak di daerah itu.

"Saya dari Toba mampir sini untuk melihat jalan. Saya melihat hasil produksi di Karo ini mungkin butuh pendampingan kecil untuk menaikkan kualitas produksi, yang pertama. Kemudian yang kedua, urusan pupuk ini lebih bagus kalau di sini organik," kata Presiden dalam keterangan diterima di Jakarta, Jumat, dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi langsung memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, melalui sambungan telepon, untuk memberikan pendampingan baik terhadap petani maupun untuk penyediaan pupuk.


Seperti diketahui, Kabupaten Karo merupakan salah satu sentra produksi komoditas jeruk.

Selain dipasarkan ke berbagai kota, seperti Bandung, Jakarta, Semarang, dan Surabaya, jeruk dari Kabupaten Karo juga telah merambah pasar Asia Tenggara, yakni Malaysia dan Singapura.

Kepala Negara memandang kawasan pertanian jeruk di Kabupaten Karo memiliki potensi yang sangat besar.

Namun, masih perlu perbaikan pada sejumlah aspek, mulai dari struktur biaya hingga penjenamaan atau branding.

Presiden juga menginstruksikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk memperbaiki kemasan dan citra dari setiap komoditas yang dihasilkan para petani di Tanah Air, termasuk jeruk Kabupaten Karo, sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

"Saya minta agar ini mulai dilakukan pengemasan yang lebih baik, membangun branding-nya lebih baik, ada di setiap jeruk QC check. Semuanya akan mengangkat harga produk-produk petani kita," kata Presiden.

https://medan.kompas.com/read/2022/02/04/145816778/akhirnya-jokowi-sampai-juga-di-liang-melas-datas-desa-yang-mengiriminya-3-ton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke