Salin Artikel

Saat Bobby Nasution dan Kepala Daerah di Sumut Menjajal Arung Jeram...

Kegiatan ini juga dalam rangka mempromosikan pariwisata di Kabupaten Serdang Bedagai, khususnya wisata alam.

Adapun kepala daerah yang ikut menjajal trek off-road dan arung jeram yakni Wali Kota Medan Bobby Nasution, Bupati Labura Hendriyanto Sitorus, Bupati Batubara Zahir, Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah Noor, serta Bupati dan Wakil Bupati Sergai sebagai tuan rumah.

Para kepala daerah mengaku puas menjajal wisata alam di Kecamatan Sipispis.

Bahkan, mereka mengaku ketagihan dan akan kembali datang untuk menikmati keseruan itu.

Bobby Nasution mengatakan, arung jeram ini menjadi pengalaman baru baginya dan memberikan tantangan tersendiri.

"Ini pengalaman baru bagi saya, dan selama mengarung tadi, banyak tantangan yang harus dilalui. Enaklah, pas, mantap," kata Bobby kepada wartawan, Minggu (6/2/2022).

Bobby mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk mencoba wisata alam di Serdang Bedagai, khususnya mengarungi Sungai Bahbolon ini.

"Berhubung Medan minim wisata alam, di sini wisatanya masih asri dan alami. Saya akan bantu promosikan dan akan saya ajak OPD mengarungi arung jeram ini," kata Bobby.

Menantu Presiden Joko Widodo ini pun berpesan agar jangan takut untuk mencoba arung jeram di Sungai Bahbolon.

"Pesan saya buat yang takut, jangan takut. Tidak seseram yang dipikirkan, makin basah makin seru," kata Bobby.


Hal senada disampaikan Bupati Labuhan Batu Utara Hendriyanto Sitorus yang mengaku baru pertama kali mencoba rafting.

"Kami sangat menikmati wisata yang ada di Sergai ini. Arung jeram ini saya baru pertama kali. Tadinya saya takut, namun ternyata saya ketagihan," ucap Hendriyanto.

Ia juga berjanji untuk kembali datang mengarungi sungai ini membawa serta organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat.

"Bukan hanya arung jeramnya yang seru, penerimaan masyarakatnya juga bagus, layanannya memuaskan, pengamanannya juga terjamin, semua safety," kata Hendriyanto.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya mengatakan, arung jeram ini menjadi salah satu destinasi unggulan wisata di wilayahnya.

"Kami harap, dengan hadirnya para bupati dan wali kota ini membantu mempromosikan wisata ini. Karena semuanya masih alami. Baik trek off-road, maupun arung jeramnya," ujar Darma.

Selain wisata alam, Sipispis ini juga kaya akan hasil buminya. Banyak buah yang bisa dinikmati dan bahkan bisa langsung dipetik sendiri.

"Di sini juga banyak buah-buahan yang bisa kita nikmati saat mengarung, karena masyarakatnya juga memiliki kebun durian, kebun duku yang bisa disandingkan dengan wisata ini," ucap Darma.

Dahulunya, di bantaran Sungai Bahbolon ini terdapat pertuanan atau kerajaan yang bernama Pertuanan Bajalingge, yang memiliki cerita menarik dan penuh dengan pelajaran bagi umat manusia.

Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah Noor mengatalan, cerita legenda ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

"Di sini kita tidak hanya bisa rafting, namun juga dikenalkan hikayat legenda tentang batu boru manjile. Ini legenda atau cerita rakyat yang harus dipertahankan dan dikenalkan kepada masyarakat," kata dia.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi batu kodok (batu yang menyerupai kodok), air terjun bagula, magic wall, green canyon, batu yang tersusun bak tangga namun terbalik, minum dari mata air pegunungan, serta menikmati flora dan fauna yang dilindungi.

"Rencananya, minggu depan saya akan bawa para kepala OPD Pematangsiantar ke sini," kata Hefriansyah.

https://medan.kompas.com/read/2022/02/07/063838578/saat-bobby-nasution-dan-kepala-daerah-di-sumut-menjajal-arung-jeram

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke