Salin Artikel

Dosen dan Mahasiswa Terjangkit Covid-19, USU Hentikan Kuliah PTM Sebulan

MEDAN, KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) terpaksa menghentikan proses perkuliahan tatap muka (PTM) terbatas yang baru saja berjalan sepekan karena ada dosen dan mahasiswa yang terjangkit Covid-19.

Sebelumnya, pihak universitas memberlakukan proses pembelajaran hybrid atau campuran, dengan porsi tatap muka 50 persen dan daring 50 persen.

PTM terbatas itu baru saja dimulai pada Senin (7/2/2022) minggu lalu. Namun, sepekan PTM berjalan, pihak universitas mendapat informasi dari Satgas Penanganan Covid-19 RS USU bahwa ada sejumlah dosen dan mahasiwa yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Kemudian Pak Rektor mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan seluruh perkuliahan dilaksanakan daring," kata Kepala Humas USU Amalia Meutia dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (15/2/2022).

Surat edaran itu diteken oleh Rektor USU Muryanto Amin pada Senin (14/2/2022). Amalia menyampaikan, PTM di USU dihentikan selama sebulan ke depan.

"Sehubungan dengan perkembangan naiknya angka atau umlah mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan yang terpapar Covid-19. Setelah satu minggu diberlakukannya PTM terbatas di USU dan setelah mendengar masukan dari Satgas Covid-19. PTM terbatas menjadi perkuliahan daring," ungkap Amalia.

Pihaknya mengetahui adanya dosen dan mahasiswa yang terjangkit Covid-19 berdasarkan test skrining acak yang dilakukan satgas Covid-19 USU.

Namun, sampai kini, pihaknya belum mengetahui secara pasti berapa jumlah dosen dan mahasiswa yang terpapar virus corona SARS-CoV-2 tersebut.

"Datanya harus saya kroscek lagi ke Satgas Penanganan Covid-19 USU," tutur Amalia.

Kendati demikian, Amalia mengklaim bahwa positivity rate di kampus US masih di bawah lima persen. Dia juga belum bisa memastikan apakah orang-orang tersebut terpapar di dalam kampus atau di luar kampus.

"Bisa saja terpapar di luar. Karena kita melakukan pengecekan, jadinya, kita tahunya di kampus," pungkasnya.

https://medan.kompas.com/read/2022/02/15/195138978/dosen-dan-mahasiswa-terjangkit-covid-19-usu-hentikan-kuliah-ptm-sebulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke