Salin Artikel

Penjelasan Produsen soal Dugaan Penimbunan 1,1 Juta Kg Minyak Goreng di Deli Serdang

Melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (19/2/2022), manajemen SIMP membantah dugaan penimbunan minyak goreng.

"Pabrik minyak goreng kami memprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng pabrik mi instan grup perusahaan kami yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Deli Serdang," demikian tertulis dalam rilis tersebut.

Pabrik di Deli Serdang memang memprioritaskan produksi untuk pemenuhan kebutuhan industri yang tergabung dalam grup perusahaan itu.

Hal ini demi memastikan kebutuhan pangan tersedia suplainya dengan baik.

Dalam pemberitaan menyebutkan 1,1 juta kg minyak goreng hasil temuan dari tim Satgas Pangan di Gudang Pabrik Deli Serdang, adalah setara dengan 80.000 karton untuk dua hingga tiga hari pengiriman.

Stok tersebut sudah siap dikirim ke distributor.

"Semua stok yang tersedia, merupakan pesanan dan siap untuk distribusikan ke para pelanggan kami untuk beberapa hari ke depan," jelas mereka dalam rilis tersebut.


Manajemen menyebutkan, hasil produksi minyak goreng di Pabrik Lubuk Pakam, Deli Serdang terutama digunakan untuk kebutuhan pabrik mi instan Indofood di wilayah Sumatera sebesar 2.500 ton per bulan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan sendiri, kelebihannya diproses menjadi minyak goreng bermerek dalam berbagai ukuran terutama kemasan satu liter dan dua liter sebanyak 550.000 karton per bulan.

Jumlah itu rutin didistribusikan kepada distributor dan pasar modern SIMP yang berada di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan dan Jambi.

SIMP juga menyebutkan, perusahaan akan tetap mematuhi regulasi yang dirilis pemerintah, terutama terkait penetapan satu harga minyak goreng.

"SIMP sebagai perusahaan yang tumbuh dan berkembang di Indonesia senantiasa mematuhi semua peraturan dan ketentuan yang berlaku di Indonesia. Dalam hal ini terkait dengan peraturan Kementerian Perdagangan," demikian tertulis dalam rilis.

Sebelumnya, Satgas Pangan Sumut menemukan 1,1 juta kg minyak goreng yang diduga ditimbun di salah satu gudang penyimpanan di Deli Serdang, Jumat kemarin.

Satgas melakukan inspeksi mendadak terhadap produsen dan distributor minyak goreng di Sumut menyusul kelangkaan komoditas itu di pasaran dalam beberapa hari terakhir.

Saat ini, kasus dugaan penimbunan minyak goreng itu tersebut telah ditangani oleh Polda Sumut.

https://medan.kompas.com/read/2022/02/19/185603878/penjelasan-produsen-soal-dugaan-penimbunan-11-juta-kg-minyak-goreng-di-deli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke