Salin Artikel

Hilang Sehari, Seorang Pria Ditemukan Tewas Tenggelam di Danau Toba

TOBA, KOMPAS.com - Widodo Rifandi Tambunan (25), pria yang dilaporkan tenggelam di kawasan Danau Toba, Pakkodian, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, akhirnya ditemukan oleh Tim SAR setempat, Senin (21/2/2022).

Koordinator Pos SAR Danau Toba Hisar Turnip mengatakan, jasad pria itu ditemukan 15 Meter dari lokasi awal korban tenggelam sekitar pukul 09.30 WIB.

"Korban ditemukan dari kedalaman 30 Meter di dasar Danau Toba. Selanjutnya korban langsung dievakuasi dan diserahkan kepada pihak keluarga," katanya.

Penemuan korban tenggelam itu dilakukan dengan menggunakan alat bantu pendeteksi Aqua Eye di dalam air.

"Selanjutnya tim melakukan penyelaman dan akhirnya kita temukan korban di dalam air," ucapnya.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya dalam keterangannya mengatakan, Widodo dinyatakan tenggelam di perairan Pantai Pakkodian pada Minggu (20/2/2022) sore pukul 15.00 WIB.

Warga Desa Parsambilan Napitupulu, Silaen, Kabupaten Toba itu diketahui datang berwisata di lokasi lalu berenang bersama rekannya di perairan yang jaraknya sekitar 50 Meter dari bibir pantai.

Setelah berenang, korban diketahui meninggalkan temannya untuk kembali ke daratan

"Namun korban tergelincir dan masuk ke tempat yang dalam, dan berteriak minta tolong. Salah seorang temannya berusaha menolong, namun tidak berhasil," kata Akala, Minggu.

Usai kejadian itu, pencarian terhadap Widodo kemudian dilakukan petugas setempat.

Atas kejadian ini, Akala berharap pengunjung yang datang berlibur ke perairan Danau Toba lebih berhati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan.

Peristiwa ini, kata Akala, menjadi pelajaran penting bagi pengelola wisata, khususnya di Kabupaten Toba.

"Waspada dan kontrol kita kepada anak-anak dan keluarga yang mandi dan berenang di pinggiran Danau Toba untuk menjaga keselamatan keluarga kita saat berwisata," ungkapnya.

https://medan.kompas.com/read/2022/02/21/122345378/hilang-sehari-seorang-pria-ditemukan-tewas-tenggelam-di-danau-toba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke