Salin Artikel

Dalam Sepekan Terakhir, 24 Gempa Bumi Terjadi di Aceh dan Sumut

"Selama sepekan ini, dominasi kejadian gempa bumi terjadi di darat sebanyak 18 kejadian, dan di laut 6 kejadian," kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Darmawan seperti dikutip Antara, Jumat (25/2/2022).

Ia mengatakan, gempa yang terjadi di Sumut dan Aceh dalam sepekan terakhir bersumber dari sekitar segmen-segmen sesar Sumatera dan sebagian lagi tersebar di beberapa wilayah subduksi.

"Tetap waspada dan tidak perlu panik. Tetap merespons dengan cepat informasi BMKG, menjaga jarak bila kondisi gempa signifikan terjadi di era pandemi," kata dia.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan, Eridawati menjelaskan, berdasarkan kekuatan, gempa yang terjadi dalam sepekan terakhir bermagnitudo kecil, yakni 4,0 sebanyak 23 kejadian.

Kemudian, magnitudo antara 4,0-5,0 sebanyak 1 kejadian.

Masyarakat diminta memastikan informasi yang didapat dari sumber resmi BMKG, yakni (Instagram/Twitter @infoBMKG), situs web bmkg.go.id atau melalui aplikasi BMKG.

Sementara itu, Marzuki Sinambela sebagai peneliti muda BBMKG Wilayah I Medan menyebutkan, aktivitas gempa bumi yang terjadi di Aceh dan Sumatera Utara selama sepekan terakhir, berdasarkan kedalamanya cukup bervariasi.

Gempa dangkal (di bawah 60 kilometer) terjadi sebanyak 19 kali.

Kemudian gempa menengah (kedalaman antara 60 kilometer-300 kilometer) sebanyak 5 kejadian.

"Dari 24 kali gempa yang terjadi, tidak ada yang signifikan dan dirasakan oleh masyarakat selama sepekan ini," kata Marzuki.

https://medan.kompas.com/read/2022/02/25/185108978/dalam-sepekan-terakhir-24-gempa-bumi-terjadi-di-aceh-dan-sumut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke