Salin Artikel

Dukung Bobby Nasution Benahi Kawasan Bersejarah, Ganjar: Ya, Medan Bagus...

MEDAN, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ditemani Wali Kota Medan Bobby Nasution mengunjungi beberapa bangunan sejarah (heritage) yang ada di kawasan Kota Lama Kesawan.

Lokasi pertama yang didatangi adalah Maktab Al Islamiyah Tapanuli atau Museum Al Washliyah di Jalan Hindu, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.

Keduanya melihat sudut demi sudut sembari mendengarkan sejarah singkat awal mula berdirinya museum.

Selanjutnya berjalan kaki mendatangi Rumah Tjong A Fie di Jalan Jenderal Ahmad Yani sambil menyapa warga. Kembali Bobby dan Ganjar mendengar sejarah singkat bangunan cagar budaya ini. 

Ganjar mengaku kagum dengan Tjong A Fie yang dermawan, sering menolong orang sakit, memberi beasiswa untuk anak miskin tanpa membedakan suku dan bangsanya, seperti yang tertulis di salah satu kertas yang melekat di dinding rumah.

Karya nyata kebhinekaan Tjong A Fie adalah pembangunan Masjid Bengkok yang tak jauh dari rumahnya. 

Usai mengelilingi rumah Tjong A Fie, keduanya naik becak motor (betor) transportasi tradisional Kota Medan menuju Masjid Bengkok untuk Shalat Jumat.

Masjid ini merupakan masjid tertua kedua di Medan setelah Masjid Raya Al Osmani.

"Masjid ini perlu dilengkapi buku-buku maupun kisah-kisah yang ada. Dari keluarga beliau perlu ada yang menceritakan sehingga menjadi story telling-nya, dengan begitu, publik akan mengetahuinya,” kata Ganjar, dikutip dari rilis berita Diskominfo Medan, Jumat (8/4/2022).

Dirinya mendukung keinginan Wali Kota Medan Bobby Nasution yang ingin membenahi dan mengembangkan kawasan heritage, salah satunya Kota Lama. 

"Ya, Medan bagus... Tadi saya sudah ngobrol dengan Pak Bobby, ternyata beliau sedang menggerakkan ini untuk diperbaiki dan ditata. Tidak mudah, beliau pernah ke Semarang, belajar dan bertukar pikiran. Kita lebih dulu membangun Kota Lama di Semarang dan mirip. Bahkan, rasanya di Medan lebih banyak lagi,” ungkap Ganjar.

Walaupun tidak mudah mengembangkan kawasan bersejarah sebuah kota, Ganjar yakin Bobby dapat melakukannya. 

“Pelan-pelan saja memperbaikinya, Kesawan akan menjadi tempat yang luar biasa. Bisa menjadi tempat wisata, tempat sejarah, dan orang belajar peradaban," ucapnya.

Sebelumnya, saat berbuka puasa dengan Bobby di Rumah Makan Bintang di Jalan Taruma Medan pada Kamis (7/4/2022) malam, Ganjar menceritakan pengalamannya mengunjungi Istana Maimun.

Dia mengagumi keaslian arsitektur istana yang dibangun pada 26 Agustus 1888 dan diresmikan pada 18 Mei 1891 yang masih terjaga.

Ganjar berada di Kota Medan sejak Kamis untuk menghadiri berbagai kegiatan.

Pada Jumat pagi, dia menemui Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di kantornya. Mereka berdiskusi dan menghasilkan kerja sama ke depan, diantaranya ketersedian pangan untuk kedua provinsi.

Salah satunya minyak goreng karena Sumut merupakan provinsi penyumbang minyak goreng di Indonesia.

https://medan.kompas.com/read/2022/04/08/213242078/dukung-bobby-nasution-benahi-kawasan-bersejarah-ganjar-ya-medan-bagus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke