Salin Artikel

Kasat Res Narkoba Binjai Dicopot Usai Anak Buahnya Jebak Warga dengan Sabu, Video Penjebakan Viral

KOMPAS.com - Kepala Satuan Reserse Narkoba (Kasat Res Narkoba) Polres Binjai AKP Firman Imanuel Perangin Angin, dicopot dari jabatannya.

Ia dicopot karena ulah dua anak buahnya yang diduga menjebak seorang warga dengan sabu di sebuah warung internet (warnet), di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Keluarahan Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatera Utara, Sabtu (19/3/2022) lalu.

Pencopotan itu tertulis dalam telegram bernomor ST 319/V/KEP/2022 tanggal 16 April 2022.

Saat ini, AKP Firman ditarik ke Polda Sumut untuk menjalani pemeriksaan. Sebagai gantinya, Kapolda Sumut menunjuk AKP Irvan Rinaldi Pane.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, Firman dinilai lemah mengawasi anggotanya sehingga terjadi hal seperti itu.

"Kasatnya harus bertanggung jawab karena lemahnya pengawasan terhadap anggota, sehingga anggota melakukan hal seperti itu," kata Hadi.


Hadi mengakui, pencopotan AKP Firman memang karena ulah dua anggotanya yang sempat terekam Closed Circuit Television (CCTV) menjebak warga pakai sabu di depan warung internet (warnet) yang ada di Kota Binjai beberapa waktu lalu.

"Memang betul ada yang sempat viral di media sosial tangkapan CCTV salah satu warnet. (Pencopotan itu) salah satu bentuk pertanggungjawaban seorang pimpinan," jelasnya.

Kata Hadi, untuk kedua anggota Polres Binjai yang menjebak warga tersebut sudah dperiksa dan sedang dilakukan pendalaman. Sementara, AKP Firman diminta keterangan.

Aksi kedua oknum anggota Polres Binjai menjebak warga sempat viral di media sosial.

Diketahui, peristiwa itu terjadi di sebuah warnet di Binjai, Sumatera Utara, Sabtu (19/3/2022) lalu.

Dalam video yang beredar, awalnya terlihat seorang pria berkaus biru berinisial ET, masuk ke dalam sebuah warnet dan mengajak seorang pria berkaus hitam dan bercelana pendek berinisial RN, berbincang di area parkiran warnet.


Kemudian, ET memberikan bungkusan lalu diambil oleh RN

ET lalu terlihat berjalan mendekati jalan raya kemudian kembali menemui RN.

Tak berselang lama, dua pria yang menggunakan sepeda motor yang belakangan diketahui merupakan anggota polisi, datang dan langsung menangkap RN.

Sementara, ET terlihat dengan tenang menghidupkan sepeda motor yang persis berada di samping dua anggota polisi, lalu pergi meninggalkan keduanya.

Terlihat tidak ada reaksi apa pun dari kedua polisi tersebut. Mereka terlihat fokus menyergap RN.

Kepala Polisi Resor Binjai Ajun Komisaris Besar Polisi Ferio Sano mengatakan, alasan polisi membiarkan ET, pria pemberi narkoba, lolos, karena dua anggota Sat Res Narkoba Polres Binjai fokus hanya pada RN.

"Saat itu anggota fokus kepada RN sesuai dengan informasi. Terlebih lagi barang bukti ada padanya," kata Ferio, saat menggelar konferensi pers, Rabu (23/2/2022), dikutip dari Tribun Medan.

 

(Penulis : Kontributor Medan, Dewantoro | Editor : Gloria Setyvani Putri)/TribunMedan.com

https://medan.kompas.com/read/2022/04/20/124613178/kasat-res-narkoba-binjai-dicopot-usai-anak-buahnya-jebak-warga-dengan-sabu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke