Salin Artikel

Jalan Penghubung Pematangsiantar-Parapat Sumut Longsor, Bupati Simalungun Ingatkan Pemudik Hati-hati

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan beberapa jalan strategis di Kabupaten Simalungun mengalami kerusakan akibat longsor.

Ia mengimbau pengguna jalan terutama pemudik hati-hati ketika melintasi ruas jalan yang rusak.

Hal ini disampaikan Radiapoh saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba di lapangan Koramil 08 Bangun Jalan Asahan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sumut, pada Jumat (22/4/2022).

“Di mana yang kita tahu, Simalungun saat ini masih dalam keadaan memprihatinkan untuk sarana Jalan. Ada beberapa titik ruas jalan yang rusak karena longsor, khususnya jalan lintas Pematangsiantar menuju Parapat," kata Radiapoh dalam keterangan Diskominfo Simalungun.

"Untuk itu kami imbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat melintasinya," sambungnya.

Salah satu titik kerusakan jalan akibat tergerus longsor antara lain Jalan penghubung Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun di Nagori Parmonangan, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun.

Radiapoh mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR agar kerusakan jalan itu, terutama jalan-jalan strategis segera diperbaiki sebelum lebaran.

Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedi Arifianto mengatakan dalam operasi Ketupat Toba dipersiapkan 7 Pos pengamanan dan 1 pos pelayanan termasuk di titik jalan yang rawan bencana.

Sementara untuk mengantisipasi kemacetan akan dilakukan sistem buka tutup jalan menyesuaikan volume kendaraan.

“Kita akan mendirikan 7 Pos pengamanan dan 1 pos pelayanan. Pos pelayanan kita akan pusatkan di daerah pariwisata yaitu Parapat. Kami juga akan melakukan pengaman di wilayah pelabuhan Tigaras yang merupakan wilayah Kabupaten Simalungun," katanya.

Dalam operasi Ketupat Toba, sekitar 850 personil gabungan diturunkan selama cuti bersama dan perayaan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 di Kabupaten Simalungun.

Petugas gabungan itu terdiri dari TNI/Polri, Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Bankom Raya, dan Pramuka.

Pada kesempatan yang sama, Radiapoh juga mengimbau para personel gabungan dalam Operasi Ketupat Toba untuk tetap menjaga kesehatan sehingga dapat optimal saat menjalankan tugas.

https://medan.kompas.com/read/2022/04/22/195925678/jalan-penghubung-pematangsiantar-parapat-sumut-longsor-bupati-simalungun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke