Salin Artikel

Libur Lebaran 2022, Kunjungan ke Kaldera Toba Tembus 30.000 Wisatawan

TOBA, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan selama libur lebaran 2022 ke Kaldera Toba Nomadic Escape di Sibisa, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mencapai 30.000 pengunjung.

 

Puncaknya pada 5 Mei 2022 dengan kunjungan mencapai 6.000 wisatawan.

 

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy B Panjaitan mengatakan, periode libur Lebaran terjadi pada 2-5 Mei 2022.

 

"Senang dengan naiknya jumlah pengunjung, masyarakat tampak begitu antusias dan menikmati pemandangan alam yang indah dan beragam atraksi hiburan di destinasi yang berada di wilayah Toba Caldera Resort (TCR) ini," kata Jimmy dalam siaran persnya, Senin (9/5/2022).

 

 

BPODT mencatat, kunjungan libur Lebaran 2022 mencapai 30.000 pengunjung dengan kunjungan tertinggi pada 5 Mei mencapai hampir 6.000 wisatawan.

 

Sebagian besar pengunjung di Kawasan Danau Toba masih berasal dari Provinsi Sumut, di antaranya Kota Medan, Tebing Tinggi, Asahan, Pematangsiantar, Labuhan Batu, dan Tapanuli Selatan.

 

Sementara pengunjung yang berasal dari luar Sumut di antaranya Aceh, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

 

"Pada hari biasa jumlah pengunjung hanya sekitar 250 orang. Pihak BPODT selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengunjung agar bisa nyaman menikmati wisata di lokasi ini," jelasnya.

 

 

Pihak BPODT, sambung Jimmy, mengimbau para pengunjung untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

 

Selain itu pihaknya berupaya meningkatkan kualitas layanan dengan ragam atraksi rutin seiring dengan semakin naiknya jumlah pengunjung yang datang. 

 

"Beberapa di antaranya adalah track ATV, hiburan musik, dan seni budaya," jelasnya.

 

Sebagaimana diketahui, The Kaldera Toba Nomadic Escape di Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba merupakan salah satu destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba, yang pernah dikunjungi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Jokowi.

https://medan.kompas.com/read/2022/05/09/160059578/libur-lebaran-2022-kunjungan-ke-kaldera-toba-tembus-30000-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke