Salin Artikel

Perbukitan Haranggaol Horisan Terbakar, Api Diduga dari Ladang Warga

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Perbukitan di Kecamatan Haranggaol Horisan terbakar sejak Minggu (31/7/2022) sore sekitar pukul 17.00 WIB. Hingga Senin (1/8/2022) siang ini, api belum berhasil dipadamkan.

Belum diketahui pasti berapa luas perbukitan yang terbakar. Namun sejauh ini, sumber api diduga berasal dari pembakaran di ladang milik warga yang berada di Dusun SIhorbo, Desa Purba Sipinggan, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun.

Informasi yang dihimpun dari Polsek Purba, kebakaran terjadi di perbukitan Sijambur, Bandar Saribu, Kelurahan Haranggaol, Kecamatan Haranggaol Horisan.

"Informasi awal, api dari ladang warga. Pembersihan (dengan pembakaran) lahannya (warga), merembes (menjalar) ke perbukitan," ujar Kepala BPBD Simalungun Ramadhan Damanik saat dihubungi via telepon.

Ramadhan mengatakan, saat ini personil BPBD masih berjaga di lokasi untuk mengantisipasi agar api tidak menjalar ke pemukiman warga.

Selain minimnya peralatan, titik api sulit dipadamkan karena lokasi yang berbukit dan terjal, serta ditumbuhi semak belukar.

"Tidak cukup personil dan peralatan. Memang lokasinya agak jauh. Kalau pemadam kebakaran tidak ahli nggak bisa kesitu," ucapnya.

Ramadhan mengakui hingga saat ini api belum padam. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumut untuk memadamkan titik api.

Saat dihubungi, Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah II Pematang Siantar Dinas Kehutanan Provinsi Sumut, Sukendra Purba mengatakan, wilayah perbukitan tersebut sebagian masuk kawasan hutan.

Sejauh ini, kata Sukendra, pihaknya dan Tim Manggala Agni sedang memantau di sekitar lokasi. Namun dia belum merinci berapa luas perbukitan yang terbakar.

Sukendra mengatakan, bukit tersebut ditumbuhi ilalang yang mudah terbakar. Dia menduga, kebakaran disebabkan cuaca panas.

"Api masih merambat. Kalau penyebabnya kemungkinan karena cuaca yang panas. Kalau sengaja dibakar itu tidak mungkin," kata Sukendra.

https://medan.kompas.com/read/2022/08/01/150833178/perbukitan-haranggaol-horisan-terbakar-api-diduga-dari-ladang-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke