Salin Artikel

Keluarga Tolak Diotopsi, Jenazah TKA China Tewas di Proyek PLTA Batang Toru Dikremasi

Mayat Wang sebelumnya sempat disemayamkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sipirok.

"Jenazah sudah dibawa ke Sibolga, untuk dilakukan kremasi. Dan pukul 09.00 wib, pagi tadi diberangkatkan," ungkap Direktur RSUD Sipirok, drg Firdaus Batubara, lewat pesan singkat, Selasa (23/8/2022).

Hal itu, juga dibenarkan Kepala Polisi Resor (Kapolres) Tapanuli Selatan AKBP Imam Zamroni.

Menurut Imam, untuk korban yang meninggal dunia, sesuai dengan surat permohonan dari pihak keluarga korban, tidak bersedia untuk dilakukan otopsi.

"Maka berdasarkan gelar perkara, penanganan jenazah kami serahkan kepada pihak perusahaan. Dan jenazah sudah kami serahkan pagi tadi," ujar Kapolres.

Sebagai informasi, Wang tewas akibat tertimpa material di terowongan proyek PLTA Batang Toru, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, pada Minggu (21/8/2022).

Imam menjelaskan, berdasarkan keterangan yang didapat dari sejumlah saksi, korban sebelumnya sedang memasang titik tenol di dalam terowongan proyek pembangunan PLTA Batang Toru bersama dengan beberapa orang sekitar pukul 08.00 WIB.

"Pada pukul 09.00 WIB, karyawan melaporkan bahwa korban telah tertimpa timbunan batu di dalam terowongan tersebut, dan kemudian melakukan pertolongan medis," kata Imam.


Sekitar pukul 09.10 WIB, korban dibawa ke RSUD Sipirok dalam keadaan hidup. Namun, sampai di rumah sakit, korban dinyatakan sudah meninggal dunia.

"Korban dibawa ke rumah sakit umum dalam keadaan hidup, namun di perjalanan sudah meninggal dunia. Dan, setiba di rumah sakit, pihak medis juga menyatakan sudah meninggal dunia," ujar Imam.

Imam mengatakan, sudah memerintahkan tim Inafis untuk melaksanakan pengamanan Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan olah TKP.

"Kami masih melakukan upaya penyelidikan sebab pasti kejadian dengan mengumpulkan bukti-bukti petunjuk dan melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Dan, untuk korban, apabila diperlukan untuk autopsi, akan kita lakukan di Rumah Sakit Bhayangkara di Medan," kata Imam.

https://medan.kompas.com/read/2022/08/23/184548678/keluarga-tolak-diotopsi-jenazah-tka-china-tewas-di-proyek-plta-batang-toru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke