Salin Artikel

Pemilik Apotek di Karo Masih Jual Semua Jenis Obat meski Kemenkes Minta Penjualan Obat Sirup Anak Disetop

KARO, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan surat edaran tentang penghentian sementara penjualan obat jenis sirup di apotek. Instruksi ini terkait kewaspadaan dan pencegahan dini atas temuan gangguan ginjal akut terutama yang dialami oleh anak.

Terkait informasi ini, para pemilik apotek di Kabupaten Karo mengaku sudah mengetahui hal tersebut.

Namun, sampai saat ini mereka belum mengetahui secara pasti jenis obat apa yang tidak boleh dijual bebas ke masyarakat untuk sementara waktu.

Salah satu penjaga apotek di kawasan Jalan Jamin Ginting, Kota Kabanjahe, Prida mengatakan bahwa dirinya sudah mengetahui adanya arahan dari Kemenkes melalui media sosial.

Dia berkata, di dalam berita-berita yang ia baca juga belum ada yang bisa memastikan jenis obat apa yang tidak boleh untuk sementara dijual.

"Sudah tahu dari berita-berita online katanya distop sementara. Tapi belum tahu juga apa jenis yang dilarangnya," Ujar Prida, Rabu (19/10/2022).

Menanggapi hal ini, dirinya mengaku sampai sekarang mereka masih menunggu surat edaran resmi. Karena belum ada edaran yang diterima hingga ke tingkat daerah, sampai saat ini mereka masih tetap menjual semua jenis obat ke masyarakat.

"Masih (jual), karena kita kan belum ada dapat surat edaran pastinya seperti apa," ucapnya.

Nantinya, jika pihak yang berwenang sudah mengeluarkan dan mengedarkan surat resmi hingga ke daerah, ia mengaku pihaknya akan mengikutinya.

Dia juga menambahkan, sampai sekarang dari pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karo juga belum mengeluarkan instruksi serupa.

"Ya kalau sudah ada informasi yang jelas apa yang enggak boleh dijual, kita pasti ikuti," Ungkapnya.

Dia mengaku, belum mengetahui obat seperti apa yang dilarang untuk dijual ke masyarakat. Sehingga, sampai saat ini ia mengaku masih belum memutuskan seperti apa langkah selanjutnya.

https://medan.kompas.com/read/2022/10/20/112706278/pemilik-apotek-di-karo-masih-jual-semua-jenis-obat-meski-kemenkes-minta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke