Salin Artikel

Jokowi: Danau Toba Ada F1 Powerboat, Mandalika Ada MotoGP, Jakarta Ada Formula E

MEDAN, KOMPAS.com - Puluhan ribu orang tumpah di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Mereka datang dari dalam dan luar negeri untuk menonton kejuaraan dunia perahu motor Formula 1 atau F1 Powerboat Danau Toba.

Venue utama dan lokasi menonton yang dikelola warga di Lumbansilintong penuh sesak. Ada yang duduk di atap rumah, bibir danau, bahkan memanjat jembatan.

Suasana semakin meriah saat Presiden Joko Widodo, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, para menteri, dan rombongan menonton dari Tribune VVIP.

Jokowi yang baru pertama kali menonton F1H2O mengaku balapan tersebut sangat seru. 

"Kita harap event ini membangun brand setiap daerah. Danau Toba ada F1 Powerboat, Mandalika ada MotoGP, Jakarta ada Formula E. Ini akan memicu peningkatan ekonomi daerah, sangat bagus sekali," kata Jokowi, dikutip dari siaran pers Diskominfo Sumut, Minggu (26/2/2023).

Edy Rahmayadi mengapresiasi terpilihnya Sumut menjadi tuan rumah. Menurut dia, dampak perhelatan itu dirasakan masyarakat. Ia mengharapkan perhelatan akbar dapat terus diadakan di Danau Toba. 

"Terasa betul dampaknya, ini yang kita butuhkan," kata Edy.

Antusiasme masyarakat begitu besar, berbagai cara dilakukan agar bisa menonton dan melihat langsung para pebalap beraksi.

Ismail yang datang dari Kota Medan menikmati keramaian sambil berdiri menonton dari pinggir jalan. Serunya seperti menonton bola, saat ada pebalap yang menyalip, sontak penonton bersorak riuh.

"Seperti pasar rakyat ramainya, kayak nobar bola, bisa bersorak. Semoga ada terus di sini, ya," harapnya.

Robby, warga Balige, pun merasakan suasana yang berbeda dari biasanya. Ia tidak pernah membayangkan kota tempat tinggalnya bisa menjadi tuan rumah ajang internasional ini.

"Tidak pernah terbayangkan, kota ini jadi ramai sekali, susah jalan karena ramainya orang menonton," ujarnya.

Sementara itu, Bartek Marszalek, juara F1H2O Toba, juga sangat menikmati balapan di Danau Toba. Dalam keterangan di laman resmi F1H20, ia mengatakan, antusiasme masyarakat di pinggiran danau sangat besar.

"Kami memiliki banyak penonton di tepi danau. Banyak senyuman yang memberi saya kekuatan ekstra, merasa jauh lebih baik di balik kemudi kapal," kata pria asal Polandia ini.

Bergabung di klub Stromoy Racing, Bartek mengalahkan semua pebalap di putaran ke-18 dan berhasil mengumpulkan 20 poin.

Urutan kedua ditempati Sami Seilo dari United Arab Emirates (UAE) dari Sharjah Tim. Juara ketiga Erik Stark, juga dari UAE.

Sebelumnya, Sami menempati peringkat ketiga. Shaun Torrente yang di babak pertama sempat menduduki peringkat pertama harus puas di posisi kesembilan.

Ahmad Al Fahim dari UEA berada di bawah Shaun, di peringkat 10. Racer F1 powerboat termuda, Alec Weckstrom dari Finlandia, bertahan di garis finis, menempati peringkat ke-20.

https://medan.kompas.com/read/2023/02/27/061927978/jokowi-danau-toba-ada-f1-powerboat-mandalika-ada-motogp-jakarta-ada-formula-e

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke