Salin Artikel

Gempa M 6,4 di Padang Sidempuan, Terasa sampai Aceh dan Sumbar

Namun, guncangan gempa dirasakan hingga ke beberapa provinsi, kabupaten dan kota.

Kepala Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi,  dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, hasil analisis menunjukkan gempa bumi tersebut memiliki parameter update dengan magnitudo 6,2.

Episenter gempa terletak di koordinat 0,79° LU ; 98,67° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 kilometer arah barat daya Padang Sidempuan dengan kedalaman 95 kilometer.

Melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng eurasia pada zona intraslab.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar turun (oblique-normal fault)," jelas Daryono, lewat keterangan tertulis resmi, yang diterima Kompas.com, Senin (3/4/2023).

Daryono menjelaskan, gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Padang Sidempuan, Aek Godang dan Pinangsori dengan skala intensitas  IV - V MMI.

Gempa dengan skala ini dirasakan oleh hampir semua orang, hingga banyak terbangun.

Juga dirasakan di daerah Pasaman Barat, Pasaman, Agam dengan skala intensitas IV MMI. Daerah Gunungsitoli, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Aceh Singkil, Pulau Banyak dengan skala intensitas III - IV MMI.

Daerah Telo, Tapanuli Tengah, Subulussalam, Dairi, Aceh Selatan, Padang, Painan, Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Solok, Limapuluhkota, Tuapejat dengan skala intensitas III MMI.

Daerah Banda Aceh, Solok Selatan, Pekanbaru dengan skala intensitas II MMI.

https://medan.kompas.com/read/2023/04/03/233944578/gempa-m-64-di-padang-sidempuan-terasa-sampai-aceh-dan-sumbar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke