Salin Artikel

Detik-detik Bus Mudik Gratis Pemkot Medan Masuk Jurang, Sopir Sempat Minta Penumpang Keluar

KOMPAS.com - Bus mudik gratis Pemerintah Kota (Pemkot) Medan masuk ke jurang di Desa Rampa, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), Kamis (20/4/2023) sekitar pukul 11.30 WIB.

Kepala Seksi (Kasi) Humas Kepolisian Resor (Polres) Tapteng AKP Horas Gurning mengatakan, sebelum bus terjun ke jurang, sopir sempat memerintahkan agar semua penumpang turun.

Horas menuturkan, saat kejadian, bus tujuan Sibolga, Sumut, itu dikemudikan oleh sopir cadangan.

"Saat di jalanan menanjak, mobil yang dikemudikan sopir cadangan bernama Rudi Anton mengalami mati mesin," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (21/4/2023).

Seusai penumpang turun, sopir lantas meminta sopir utama bernama Bobby Pasaribu untuk mengganjal ban bus dengan batu.

"Setelah seluruh penumpang turun semua dari bus, sopir utama mengambil alih kemudi bus dan memerintahkan untuk membuka ganjalan tersebut, sambil dia menghidupkan mobil bus tersebut," ucapnya.

Akan tetapi, bus itu malah mundur dan masuk ke jurang.

Menurut Horas, insiden ini tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, sopir bernama Bobby Pasaribu mengalami luka ringan. Adapun ke-27 penumpang dipastikan selamat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Medan Iswar Lubis menuturkan, pada hari yang sama, semua penumpang sudah diantarkan ke tujuan masing-masing menggunakan kendaraan lain.

"Karena rusak dan jaraknya hanya 45 menit lagi menuju ke kota tujuan, kita langsung menghubungi pihak travel yang ada di sana untuk menjemput para pemudik dan diantarkan sampai dengan alamat," ungkapnya.


Terkait kejadian ini, Wali Kota Medan Bobby Nasution menjelaskan, sopir sudah merasakan kendaraannya sedang tidak dalam kondisi prima tatkala hendak melintasi jalur menanjak.

Oleh karena itu, sopir meminta para penumpang untuk turun.

"Niatnya setelah bus berhasil menanjak, para penumpang akan kembali naik," tuturnya.

Namun, tatkala melewati jalan menanjak, bus tidak kuat dan akhirnya terguling.

"Korban jiwa tidak ada, hanya saja barang-barang penumpang masih tertinggal di dalam bus. Makanya, kita melihat dalam video yang beredar, banyak barang yang berserakan," jelasnya, Sabtu (22/4/2023), dikutip dari Tribun Medan.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Medan, Rahmat Utomo | Editor: David Oliver Purba)

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Bus Mudik Gratis Pemko Medan Kecelakaan di Tapteng, Begini Kata Wali Kota Bobby Nasution

https://medan.kompas.com/read/2023/04/22/135512078/detik-detik-bus-mudik-gratis-pemkot-medan-masuk-jurang-sopir-sempat-minta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke