Salin Artikel

4 Fakta Penemuan Mayat di Bandara Kualanamu, Rekaman CCTV Ungkap Detik-detik Korban Terjatuh dari Lift

KOMPAS.com - Sesosok mayat perempuan ditemukan di bawah lift di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (27/4/2023).

Saat ditemukan, jenazah korban sudah mengeluarkan bau menyengat.

Korban diketahui bernama Asiah Shinta Dewi Hasibuan (43), warga Kecamatan Medan Sunggal, Medan, Sumut.

Berikut sederet fakta soal penemuan mayat di Bandara Kualanamu.

1. Cium bau busuk

Penemuan mayat di Bandara Kualanamu ini bermula saat petugas Aviation Security (Avsec) bandara mencium bau tak sedap di sekitar lift pada Kamis pukul 16.00 WIB.

Head of Corporate Communication Bandara Kualanamu Dedi Al Subur mengatakan, petugas Avsec melaporkan hal tersebut ke teknisi. Petugas lantas mengecek tempat kejadian.

"Kemudian setelah itu, didapati jasad yang diduga berjenis kelamin perempuan berada di bawah lantai dasar lift," ujarnya, Kamis.

Petugas bandara melaporkan temuan itu ke polisi. Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Kepolisian Daerah (Polda) Sumut pun mendatangi lokasi usai menerima laporan tersebut.

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Deli Serdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji menuturkan, berdasarkan rekaman CCTV atau kamera pengawas, korban sempat terjatuh dari lift.

Meski demikian, penyebab pasti yang membuat korban meninggal masih menunggu hasil pemeriksaan forensik.

"Namun, apakah kematiannya karena terjatuh atau benda-benda lain yang ada di bawah, itu tunggu hasil dari pemeriksaan forensik di RS Bhayangkara," ucapnya, Kamis.


3. Detik-detik korban terjatuh dari lift

Irsan menjelaskan, dalam rekaman CCTV, korban terlihat panik karena berdiri di pintu lift yang salah saat sampai di lantai yang dituju.

Untuk diketahui, terdapat dua pintu dalam lift tersebut. Saat itu, pintu yang terbuka berada di belakang korban. Korban diduga tak melihat pintu di belakangnya terbuka.

Dia kemudian memaksa membuka pintu di depannya. Namun, korban diduga salah melangkah hingga terjatuh ke bawah lift.

"Pada saat dia sampai ke lantai yang dia tuju, dia berdiri di pintu (depan), ternyata yang buka di belakang. Dia panik, kemudian dia paksa buka (pintu depan), dia lalu melangkah terjatuh ke bawah. Itu dari CCTV yang kita lihat," ungkapnya.

4. Bermula antar keluarga

Dikutip dari Tribunnews, sebelum mengalami insiden, korban sempat mengantar keluarganya yang hendak pergi ke luar negeri.

Ia tiba di Bandara Kualanamu pada Senin (24/4/2023) pukul 20.30 WIB.

Menurut keterangan keluarga korban, Asiah sempat menghubungi keluarga dan mengabarkan bahwa dirinya terjebak di dalam lift. Akan tetapi, setelah dicari tidak ditemukan.

Hingga kemudian jenazah korban ditemukan di bawah lift pada Kamis.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Medan, Rahmat Utomo | Editor: Reni Susanti, David Oliver Purba), Tribunnews.com

https://medan.kompas.com/read/2023/04/29/193800578/4-fakta-penemuan-mayat-di-bandara-kualanamu-rekaman-cctv-ungkap-detik-detik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke