Salin Artikel

Manajemen Kualanamu Sebut Lift Bandara, Lokasi Ditemukannya Mayat Asiah, Beroperasi Normal Saat Kejadian

"Konstruksi lift sejak awal pembangunan bandara sudah disesuaikan dengan desain konstruksi bangunan terminal Bandara Internasional Kualanamu. Pada saat pencarian (korban) dan pemeriksaan bersama keluarga korban, kondisi lift beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala atau masalah," ujar Dedi kepada Kompas.com, saat dihubungi, Sabtu (30/4/2023).

Dedi mengatakan, fasilitas bandara selalu diperiksa secara berkala setiap tahunnya. Baik dari sisi darat (land side) maupun udara (air side).

“Audit terhadap fasilitas dilakukan berkala termasuk untuk menyambut angkutan Lebaran 2023 yang saat ini tengah berlangsung," ungkapnya.

Kata Dedi, awal mula Asiah terjatuh lantaran tidak mengetahui mekanisme lift dua pintu di bandara tersebut.

Adapun akses masuk dan keluar dari lift berbeda saat sampai lantai tujuan Asiah yaitu lantai dua.

Ketidaktahuan Asiah ini terlihat dari rekaman CCTV yang memperlihatkan korban membelakangi pintu akses keluar yang sudah terbuka dan kemudian pintu lift tertutup kembali.

Setelah pintu keluar tertutup, Asiah berusaha keluar dari pintu lift yang berada di hadapannya dengan cara memencet tombol pintu dan juga memaksa membuka kedua sisi pintu lift.

"Ketika pintu lift terbuka, korban melangkah dan langsung terjatuh dan masuk dalam lorong (di depan pintu) lift sampai di bawah dasar lantai lift. Sehingga petugas atau pengguna jasa bandara lainnya ketika menggunakan lift yang dimaksud tidak melihat adanya korban," ujar Dedi.

Dedi menegaskan bahwa setelah terjatuh, korban tidak tertimpa lift.

"Lift tidak menimpa tubuh korban karena tubuh korban masuk dalam kolong atau ruang kosong di bawah lantai lift," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, mayat Asiah Sinta Dewi ditemukan pada Kamis (27/4/2023) pukul 16.00, berawal dari terciumnya aroma busuk di sekitar lift Bandara Kualanamu.

Dari pemeriksaan kamera CCTV, korban ternyata jatuh dari lift usai mengantarkan saudaranya berangkat ke luar negeri melalui Bandara Kualanamu, Senin (24/4/2023). 

https://medan.kompas.com/read/2023/04/30/115522178/manajemen-kualanamu-sebut-lift-bandara-lokasi-ditemukannya-mayat-asiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke