Salin Artikel

Polisi Bongkar Keterlibatan AKBP Achiruddin dalam Kasus Gudang Solar Ilegal

KOMPAS.com - Keterlibatan AKBP Achiruddin Hasibuan di Medan, Sumatera Utara (Sumut), terlibat dalam bisnis solar ilegal terus diselidiki.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda) Sumut Kombes Hadi Wahyudi menjelaskan, AKBP Achiruddin terlibat sejak 2018 dan perannya adalah sebagai pengawas.

"(Jadi) Pengawas dari semenjak tahun 2018 hingga 2023 karena rumahnya berdekatan dengan gudang tersebut," kata Hadi, dilansir dari Tribunnews.com.

Sementara soal gudang solar yang berada di dekat rumah milik AKBP Achiruddin merupakan milik PT AMR.

Awalnya, gudang tersebut sempat diduga milik AKBP Achiruddin dalam menjalankan bisnis solar ilegal.

"Hasil cek di Pertamina, lokasi PT AMR tidak terdaftar di Jalan Karya Dalam tersebut," kata Hadi.

Terima uang

Selain itu, Hadi menjelaskan, AKBP Achiruddin saat pemeriksaan juga mengaku telah menerima uang dari PT AMR.

Uang tersebut merupakan pembayaran atas jasa pengawasan yang dilakukan AKBP Achiruddin.

"Hasil penyidikan terhadap penerimaan gratifikasi bahwa AH mengakui menerima uang dari pemilik gudang PT. Almira," kata Hadi.

Hadi menegaskan, pihaknya masih mendalami kasus gudang solar ilegal tersebut.

Sementara itu, saat ini Polda Sumut juga menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri dugaan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan AKBP Achiruddin.

"Sedangkan penerapan Pasal TPPU itu sebagai pintu masuk penyidik untuk melakukan penyidikan harta kekayaannya," tegas Hadi.


Kesaksian warga

Sementara itu, warga di sekitar gudang solar membenarkan gudang tersebut milik AKBP Achiruddin.

"Itu gudang solar punya dia (AKBP Achiruddin Hasibuan). Coba cek ke sana," kata salah satu warga yang enggan disebutkan namanya, dikutip dari Tribun-Medan.com.

Gudang solar itu juga disebut sudah lama beroperasi dan warga sering melihat kendaraan keluar masuk dari banguan tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, sumber kekayaan AKBP Achiruddin terungkap usai kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya, Adityaa Hasibuan, terhadap mahasiswa bernamaa Ken Admiral.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Fakta AKBP Achiruddin Hasibuan Dalam Bisnis Solar Ilegal: Perannya dan Akui Terima Uang sejak 2018

https://medan.kompas.com/read/2023/04/30/130456678/polisi-bongkar-keterlibatan-akbp-achiruddin-dalam-kasus-gudang-solar-ilegal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke