Salin Artikel

Jasad Asiah Ditemukan 3 Hari Usai Jatuh dari Lift Bandara Kualanamu, Ini Penjelasan Angkasa Pura

KOMPAS.com - Penemuan jasad Asiah Sinta Dewi (38) (sebelumnya ditulis Aisiah), warga Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), di bawah lift Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Kamis (27/4/2023), masih meninggalkan misteri.

Menurut PT Angkasa Pura Aviasi, korban terjatuh pada Senin (24/3/2023) malam, sekitar pukul 20.26 Wib. Kejadian itu sempat terekam closed-camera television (CCTV).

Dedi Al Subur, staf Communication PT Angkasa Pura Aviasi di Bandara Kualanamu, menjelaskan, saat itu korban usai mengantar keluarga.

Lalu korban naik lift seorang diri. Asiah ternyata terekam menaiki lift yang terdiri dari dua pintu.

Setelah itu, Asiah diduga tidak mengetahui bahwa akses pintu lift masuk dan keluar dari lift berbeda saat sampai lantai tujuan.

"Hasil rekaman CCTV, korban membelakangi pintu akses keluar yang sudah terbuka, Kemudian, pintu lift tertutup kembali, di mana hal itu tidak diketahui oleh korban karena posisi korban membelakangi pintu akses keluar lift," ujar Dedi.

"Ketika korban terjatuh dari lift dan berada di bawah di lantai dasar, lift tidak ada orang atau pihak lain yang mengetahuinya," ujar Dedi kepada Kompas.com, Sabtu (29/4/2023) malam.

Kasus itu terungkap usai pihak keluarga korban dilaporkan hilang usai mengantar keluarga ke Bandara Kualanamu.

Kata Dedi, pihak keluarga Asiah sempat meminta bantuan petugas bandara mencari korban, tepatnya pada Senin sekitar pukul 22.45 Wib.

Namun petugas tak menemukan jejak apapun. Petugas juga telah memaksimalkan pencarian korban di sejumlah area bandara dengan menggunakan pengeras suara.

"Dua personel Avsec beserta keluarga korban melakukan pemeriksaan pada lift B yang menjadi tempat kejadian perkara dan C. Namun, tidak ditemukan korban atau petunjuk apa pun dan lift beroperasi secara normal," ujar Dedi.

Pada hari Kamis (27/4), petugas bandara mencium bau busuk di sekitar lift. Setelah ditelusuri, petugas menemukan jasad korban yang telah membusuk di bawah lift.


Diselidiki polisi

Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji mengatakan, dari penyelidikan sementara rekaman kamera CCTV, korban tewas karena terjatuh dari lift.

Korban diduga membuka paksa pintu lift di depannya hingga salah melangkah dan terjatuh.

"Dari pantauan CCTV, kami lihat bahwa si korban ini terjatuh dari lift ke bawah karena ketidaktahuan. Liftnya ada dua pintu. Pada saat dia sampai ke lantai yang dia tuju, dia berdiri di pintu (depan), ternyata yang buka di belakang. Dia panik, kemudian dia paksa buka (pintu depan), dia lalu melangkah terjatuh ke bawah. Itu dari CCTV yang kita lihat," ujar Irsan, Kamis malam, dikutip dari Kompas.com.

Namun demikian, Irsan mengatakan, saat ini polisi masih memastikan penyebab kematian Asiah akibat terjatuh dari lift atau hal lain.

"Namun, apakah kematiannya karena terjatuh atau benda-benda lain yang ada di bawah, itu tunggu hasil dari pemeriksaan forensik di RS Bhayangkara," ujar Irsan.

(Penulis : Kontributor Medan, Rahmat Utomo | Editor : Robertus Belarminus)

https://medan.kompas.com/read/2023/04/30/142514278/jasad-asiah-ditemukan-3-hari-usai-jatuh-dari-lift-bandara-kualanamu-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke