Salin Artikel

Kapolda Sumut Ungkap Kejanggalan dari Kematian Asiah di Lift Bandara Kualanamu

Panca mempertanyakan adanya celah dengan lebar sekitar 40 sampai 60 sentimeter antara pintu dan bagian dalam lift sehingga menyebabkan Asiah masuk jatuh hingga akhirnya tewas.

"Kenapa ada ruang? Kenapa lift itu bisa terbuka padahal pintu ada di sana? Nah ini bagian dari pemeriksaan oleh penyidik Polresta Deliserdang yang dibantu oleh Ditreskrimum Polda Sumut baik kepada pengelola bandara maupun nanti pihak pabrikan yang memasang lift tersebut," kata Panca di Medan, seperti dilansir Antara.

Berdasarkan pengakuan pengelola Bandara Kualanamu kepada polisi, lift itu sedang diperbaiki.

Namun, tidak ada tanda bahwa lift sedang diperbaiki sehingga Asiah tidak sadar adanya celah besar dan akhirnya terjatuh.

Selain itu, Panca juga menyoroti proses pencarian Asiah setelah dilaporkan hilang oleh keluarganya.

"Termasuk juga bagaimana proses pencarian di sana (Bandara Kualanamu). Saya bicara sama pihak pengelola bandara ini bagian dari koreksi. Percayakan sama kami, kami akan buka secara transparan setelah anak-anak memperoleh kesimpulan," ujarnya.

Sebelumnya, manajemen PT Angkasa Pura Aviasi mengambil langkah tegas dengan menonaktifkan lima personel Bandara Internasional Kualanamu.

"Kelima personel yang dinonaktifkan, dua pejabat senior manager membidangi fungsi operasi dan teknik. Tiga orang dari operation security yang membidangi CCTV operator," ujar Head of Corporate Secretary and Legal Bandara Kualanamu, Dedi Al Subur, Selasa (2/5/2023) malam.

Penonaktifan sebagai bentuk upaya PT Angkasa Pura Aviasi untuk penyempurnaan prosedur guna memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan di Bandara Kualanamu.

Sebagai informasi, Asiah ditemukan tewas di kolong bawah lift Bandara Kualanamu pada Kamis (27/4/2023). 

Sebelum ditemukan sudah tidak bernyawa, keluarga perempuan itu sudah melaporkan kehilangannya.

https://medan.kompas.com/read/2023/05/04/131433078/kapolda-sumut-ungkap-kejanggalan-dari-kematian-asiah-di-lift-bandara-kualanamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke