Salin Artikel

Jemaah Asal Langkat Meninggal Saat Hendak Berangkat Haji, Diduga Serangan Jantung

MEDAN, KOMPAS.com - Seorang jemaah haji perempuan bernama Habibah (49) meninggal dunia saat proses keberangkatan ke tanah suci, di Asrama Haji, Kota Medan, Minggu (4/6/2023). Habibah diduga meninggal karena serangan jantung.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumut, H Ahmad Qosbi mengatakan, Habibah merupakan jemaah asal Kabupaten Langkat, yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12, Embarkasi Medan.

Habibah meninggal pukul 14.00, saat hendak menyantap makan di gedung Bir’Ali UPT Asrama Haji Medan.

"Kata petugas kita di ruang makan, tiba-tiba saja ibu itu tertunduk dan langsung jatuh gitu,” ujar Qosbi kepada wartawan di Asrama Haji Medan.

Qosbi mengatakan, sebelumnya Habibah naik haji untuk menggantikan ibunya yang batal berangkat haji karena meninggal dunia pada 2020.

Sementara itu ketua Kloter 12, Edi Saputra menjelaskan bahwa sebelum meninggal Habibah dalam kondisi sehat. Dalam pemeriksaan kesehatan Habibah juga dinyatakan layak terbang ke Arab Saudi.

Menurutnya, Habibah diduga meninggal karena serangan jantung

“Penyebab kemungkinan serangan jantung mendadak. Dia sebenarnya di sini biasa saja,” ujar Edi.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Langkat, H Ainul Aswad membeberkan, pihaknya telah membawa jenazah Habibah ke rumah duka di Kecamatan Tanjung Pura, Langkat.

“Kita sudah berkoordinasi dengan kepala Madrasah untuk menerima jenazah sampai ke rumah di Tanjung Pura. Kita turut berbelasungkawa atas nama pemerintah dan mendoakan kepada keluarga untuk sabar dan ikhlas,” ungkap Ainul Aswad.

https://medan.kompas.com/read/2023/06/05/104545178/jemaah-asal-langkat-meninggal-saat-hendak-berangkat-haji-diduga-serangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke