Salin Artikel

Anaknya Diduga Jadi Korban Malapraktik, Tentara di Medan Polisikan Dokter RS Bina Kasih

MEDAN, KOMPAS.com- Anggota Kodam 1 Bukit Barisan, Serka Holmes Sitompul (44) melaporkan dokter Rumah Sakit Bina Kasih, dr. Herling Pangkerego ke Polda Sumut. Dokter tersebut diduga melakukan malapraktik saat mengoperasi anak Holmes, pada Jumat (19/5/2023).

Holmes mengatakan, sebelum dioperasi, anaknya yang berinisial RSS (6) terjatuh saat bermain dengan kerbau miliknya di Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Kamis (18/5/2023).

"Anak saya mengalami patah tulang di bagian tangan kanan di atas siku," ujar Holmes kepada wartawan, Rabu (26/7/2023).

RSS lalu dibawa ke RS Bina Kasih. Perawat membersihkan luka dan membalut perban di areal tangan RSS yang terluka.

Kemudian pada Jumat (19/5/2023), RSS menjalani operasi yang dilakukan dokter spesialis ortopedi, dr. Herling Pangkerego.

Setelah 2 jam operasi, Holmes melihat anaknya dipasang pen atau alat penyangga tulang. Holmes kala itu sempat bertanya, apakah anaknya akan cacat setelah dioperasi.

"Dia (dokter Herling) bilang tidak (cacat) dan RSS akan normal seperti semula," ujar Holmes menirukan ucapan dr Herling.

Saat berada di ruang perawatan, RSS sempat menjerit kesakitan di bagian tangan yang dioperasi. Pihaknya sempat meminta perawat untuk membuka perban tangan anaknya, namun tidak diizinkan.

Kemudian keesokan harinya dia melihat jari anaknya bengkak, kejadian ini lalu dilaporkan ke dokter jaga. Lalu perban pun akhirnya dibuka.

"Tangan RSS dipencet sehingga mengeluarkan nanah dari bekas sayatan operasi," ungkap Holmes.

Holmes berkata, dr Herling saat itu menyarankan RSS diamputasi, tetapi ditolak. Holmes menduga, telah terjadi malapraktik atau kelalaian dokter saat mengoperasi RSS.

"Kami tidak terima dan kami meminta pertanggungjawaban," tuturnya.

Selanjutnya, Holmes melaporkan dr Herling ke Polda Sumut, nomor laporannya STTLP/B/840/VII/2023/SPKT/Polda Sumatera Utara, Sabtu (15/7/2023). Hari ini Rabu (26/7/2023) Holmes telah diperiksa terkait laporannya.

Terpisah Direktur Operasional RS Bina Kasih Rita Ginting saat dikonfirmasi belum memberikan keterangan.

"Sabar ya kami sedang rapat," ujar Rita melalui pesan singkat.

https://medan.kompas.com/read/2023/07/26/180618678/anaknya-diduga-jadi-korban-malapraktik-tentara-di-medan-polisikan-dokter-rs

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke