Salin Artikel

DPRD Sumut Usul AH Nasution Jadi Nama Bandara di Madina

MEDAN,KOMPAS.com - Proses pembangunan Bandara di Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, ditargetkan rampung akhir 2023.

DPRD Sumut mengusulkan nama Pahlawan Nasional Jenderal AH Nasution menjadi nama bandara tersebut.

"Almarhum Jenderal AH Nasution itu pahlawan nasional, putra asli Mandailing Natal. Semasa hidupnya berjuang untuk bangsa dan negara, jadi sangat layak nama beliau kita usulkan sebagai nama Bandara di Madina, sebagai bentuk penghargaan dan kebanggaan," ujar Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa dalam keterangannya, Selasa (29/8/2023).

Kata Harun, dia telah menyampaikan usulan itu saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Perhubungan Provinsi Sumut dan Madina di DPRD Sumut, Senin (28/8).

Harun juga mengatakan telah berkomunikasi dengan ahli waris keluarga Jenderal AH Nasution terkait usulan itu. Keluarga mendukung usulan tersebut dan sudah menulis surat persetujuan.

“DPRD Sumut (juga) secara resmi akan berkirim surat ke Pemerintah Kabupaten Madina mengusulkan agar nama Bandara di Madina tersebut diberi nama Bandara Jenderal Abdul Haris Nasution,” kata Harun.

Kehadiran bandara ini, diyakininya akan berdampak bagi pembangunan daerah maupun ekonomi masyarakat sekitar.

Sebab bandara ini nantinya bisa dilandasi pesawat Boeing. Pihaknya juga berencana mengusulkan bandara ini melayani keberangkatan haji.

“Jadi tidak lagi ke Medan, langsung dari Madina. Tapi kita selain bandara kita siapkan juga sarana dan prasarana lainnya, seperti asrama haji dan lain-lain. Jadi jamaah se-Tabagsel dan sekitar tidak perlu lagi ke Medan jalan darat 12 jam, lalu terbang berangkat haji,” tutup Harun.

Berita sebelumnya, bandara yang terletak di Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal ini akan dibangun dengan panjang landasan 1.600 m dan terminal penumpang dengan kapasitas 500.000 penumpang per tahunnya.

Direncanakan bandara itu bisa didarati pesawat ATR 72.

https://medan.kompas.com/read/2023/08/29/200143378/dprd-sumut-usul-ah-nasution-jadi-nama-bandara-di-madina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke